View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      IMPLEMENTASI PENDIDIKAN HUMANISME KI HAJAR DEWANTARA DAN K.H. AHMAD DAHLAN DALAM PRAKTIK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ABAD 21

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (109.0Kb)
      HALAMAN JUDUL (873.0Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (106.6Kb)
      ABSTRAK (193.1Kb)
      BAB I (135.6Kb)
      BAB II (349.8Kb)
      BAB III (300.2Kb)
      BAB IV (455.4Kb)
      BAB V (91.78Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (98.63Kb)
      LAMPIRAN (121.1Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (676.0Kb)
      Date
      2018-12-08
      Author
      NISA, ANA FITROTUN
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengkaji konsep pendidikan humanisme menurut Ki Hajar Dewantara; (2) mengkaji konsep pendidikan humanisme menurut K.H. Ahmad Dahlan; (3) mengetahui implementasi pendidikan humanisme Ki Hajar Dewantara dan K.H. Ahmad Dahlan dalam praktik pendidikan agama Islam abad 21. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research), dengan pendekatan kualitatif historis biografis. Sumber primer dalam penelitian ini merupakan buku karya Ki Hajar Dewantara Bagian I “Pendidikan” , bagian II “Kebudayaan” serta naskah pidato K.H. Ahmad Dahlan pada Muktamar Muhammadiyah 1923 yang berjudul “Kesatuan Hidup Manusia”. Sedangkan sumber sekunder dalam penelitian ini berupa buku-buku, jurnal, artikel, website,dan data lain yang berkaitan dengan penelitian sebagai bahan pendukung penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan content analysis (analisis isi). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: (1) konsep pendidikan humanisme menurut Ki Hajar Dewantara yaitu pendidikan yang bertujuan untuk menuntun kodrat yang ada didalam diri peserta didik dengan memerdekakan aspek lahir dan batin secara penuh baik sebagai individu maupun bagian dari anggota masyarakat sehingga kodrat anak dapat diarahkah guna mencapai tujuan dari pendidikan; (2) konsep pendidikan humanisme menurut K.H. Ahmad Dahlan yaitu bertujuan untuk pemeliharaan dan mengembangkan fitrah manusia dengan segala potensi dengan memberikan stimulus sehingga secara naluri anak didik akan merespon positif dari subjek didik untuk mengembangkan kesadaran serta bertanggungjawab atas keberadaan dirinya sebagai makhluk individu, religius dan makhluk sosial; (3) implementasi pendidikan humanisme Ki Hajar Dewantara dan K.H. Ahmad Dahlan dalam praktik pendidikan agama Islam abad 21 terletak pada: pengembangan kurikulum, peran guru, desain pembelajaran, evaluasi pembelajaran serta penerapan reward dan punishment dalam proses pembelajaran.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/23562
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV