View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DAN GEMAR MEMBACA DI SD MUHAMMADIYAH WIROBRAJAN 3 YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (78.86Kb)
      HALAMAN JUDUL (871.1Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (127.6Kb)
      ABSTRAK (8.973Kb)
      BAB I (94.43Kb)
      BAB II (31.38Kb)
      BAB III (18.55Kb)
      BAB IV (404.9Kb)
      BAB V (69.02Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (83.73Kb)
      LAMPIRAN (124.4Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (265.1Kb)
      Date
      2018
      Author
      AL-ALI, HUR' INUL JANAH
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis bagaimana proses implementassi pendidikan karakter religius dan gemar membaca, 2) menggambarkan bagaiman perencanaan dan pelaksanaan pendidikan karakter religius dan gemar membaca dan 3) mengetahi faktor penghambat dan juga afaktor pendukung dalam mengimplementasikan pendidikan karakter religius dan gemar membaca di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta. Yang menjadi subyek penelitian ini adalah satu orang Kepala Sekolah, satu orang Wakil Bidang Kurikulum, satu orang Ketua Bidang Keagamaan, satu orang Ketua Bidang Perpustakaan, satu orang Ketua Pengembangan Pendidikan Karakter. Objek dari penelitian ini adalah implementasi pendidikan karakter religius dan gemar membaca di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahap analisis yang digunakan antara lain pengumpulan data, reduksi data, data display, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses implementasi pendidikan karakter religus dan gemar membaca di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta terdiri dari dua tahap yaitu: tahap perencanaan, dan tahap pelaksanaan. Tahap perencanaan dilaksanakan pada sebelum tahun pembelajaran baru dimulai. Adapun implementasi pendidikan karakter religius dan gemar membaca di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta dilaksanakn melalui tiga kegiatan yaitu: 1) kegiatan intrakulikuler (pembelajaran di kelas), 2) kegiatan Ekstrakulikuler (pengembangan diri), dan 3) kegiatan Pembeasaan melalui budaya sekolah.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/23619
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV