View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      STRATEGI ORANGTUA DALAM MENDIDIK ANAK MENGHAFAL AL-QUR’AN (STUDI KASUS LIMA KELUARGA DI DESA PENARUBAN WELERI JAWA TENGAH)

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (162.9Kb)
      HALAMAN JUDUL (638.9Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (264.2Kb)
      ABSTRAK (196.5Kb)
      BAB I (274.7Kb)
      BAB II (273.3Kb)
      BAB III (172.7Kb)
      BAB IV (229.9Kb)
      BAB V (167.4Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (209.3Kb)
      LAMPIRAN (289.8Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (390.6Kb)
      Date
      2018
      Author
      RHOHMAH, NISFULLAILI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis sterategi orangtua dalam mendidik anak menghafal Al-Qur’an. 2) untuk mendeskripsikan faktor apa saja yang mendukung dan menghambat sterategi orangtua dalam mendidik anak menghafal Al-Qur’an. 3) untuk mengetahui hasil penerapan sterategi orangtua dalam mendidik anak menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek sebanyak lima keluarga. Kemudian teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, melalui orangtua yang mendidik anaknya untuk menghafal Al-Qur’an dan observasi yaitu terkait dengan proses pembelajaran yang dilakukan orangtua dalam mendidik anak menghafal Al-Qur’an dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pendekatan kualitatif, melalui data berdasarkan fakta yang diperoleh kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) sterategi yang dilakukan orang tua dalam mendidik anak menghafal Al-Qur’an berbeda-beda yaitu, dengan mendatangkan guru privat, dengan cara orangtua ikut menghafal, dengan cara membacanya secara berulang-ulang dengan suara yang lantang, dan dengan cara membiasakan anak membaca Al-Qur’an. 2) faktor pendukung orangtua selalu ingat akan tanggung jawab untuk mendidik anak, ingin memiliki keturunan yang hafal Al-Qur’an, nantinya anak dapat mendo’akan orangtua dan menjadi syafa’at bagi orangtua. Faktor penghambat orangtua anak suka bermain, rasa malas anak, anak terkadang mengeyel. 3) hasil dari penerapan sterategi orangtua dalam mendidika anka menghafal Al-Qur’an yaitu anak menjadi bersemangat dalam menghafal, anak menjadi mudah untuk menghafal, anak sering dan mudah dalam muroja’ah, dan anak menjadi gemar membaca Al-Qur’an.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/23627
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV