STRATEGI ORANGTUA DALAM MENDIDIK ANAK MENGHAFAL AL-QUR’AN (STUDI KASUS LIMA KELUARGA DI DESA PENARUBAN WELERI JAWA TENGAH)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis sterategi orangtua dalam
mendidik anak menghafal Al-Qur’an. 2) untuk mendeskripsikan faktor apa saja
yang mendukung dan menghambat sterategi orangtua dalam mendidik anak
menghafal Al-Qur’an. 3) untuk mengetahui hasil penerapan sterategi orangtua
dalam mendidik anak menghafal Al-Qur’an.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek
sebanyak lima keluarga. Kemudian teknik pengumpulan data yaitu dengan
wawancara, melalui orangtua yang mendidik anaknya untuk menghafal Al-Qur’an
dan observasi yaitu terkait dengan proses pembelajaran yang dilakukan orangtua
dalam mendidik anak menghafal Al-Qur’an dan dokumentasi. Analisis data
menggunakan pendekatan kualitatif, melalui data berdasarkan fakta yang
diperoleh kemudian menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) sterategi yang dilakukan orang
tua dalam mendidik anak menghafal Al-Qur’an berbeda-beda yaitu, dengan
mendatangkan guru privat, dengan cara orangtua ikut menghafal, dengan cara
membacanya secara berulang-ulang dengan suara yang lantang, dan dengan cara
membiasakan anak membaca Al-Qur’an. 2) faktor pendukung orangtua selalu
ingat akan tanggung jawab untuk mendidik anak, ingin memiliki keturunan yang
hafal Al-Qur’an, nantinya anak dapat mendo’akan orangtua dan menjadi syafa’at
bagi orangtua. Faktor penghambat orangtua anak suka bermain, rasa malas anak,
anak terkadang mengeyel. 3) hasil dari penerapan sterategi orangtua dalam
mendidika anka menghafal Al-Qur’an yaitu anak menjadi bersemangat dalam
menghafal, anak menjadi mudah untuk menghafal, anak sering dan mudah dalam
muroja’ah, dan anak menjadi gemar membaca Al-Qur’an.