View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      EVALUASI PROGRAM TAHSIN DAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DI SMP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      ABSTRAK (152.0Kb)
      BAB I (304.4Kb)
      BAB II (370.8Kb)
      BAB III (260.6Kb)
      BAB IV (579.0Kb)
      BAB V (247.9Kb)
      COVER (153.2Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (232.2Kb)
      HALAMAN JUDUL (1.399Mb)
      HALAMAN PENGESAHAN (375.2Kb)
      LAMPIRAN (1.219Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (794.6Kb)
      Date
      2018
      Author
      SHANAZ, INDAH
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana perencanaan, proses pelaksanaan, serta untuk menganalisis hasil pencapaian dari pelaksanaanan program pembelajaran Tahsin dan Tadfidz Al-Qur’an yang dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian studi lapangan (field research) menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan model evaluasi CIPP (Context Input Process Product). Data dikumpulkan dengan menggunakan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi pelaksanaan program. Kemudian data tersebut dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan proses analisis data dengan tahapan reduksi data, penyajian data serta kesimpulan atau verivikasi data. Setelah dilakukan analisis data maka diperoleh hasil Evaluasi context (konteks) menunjukan bahwa program pembelajaran tahsin dan tahfidz al-Qur’an masih kurang baik, karena perencanaan yang masih secara umum serta belum adanya dokumentasi dan data yang spesifik untuk mendukung pelaksanan program. Evaluasi input (masukan), dengan dilakukannya pemilahan ketika selesai penerimaan siswa baru terhadap siswa yang sudah memiliki pengetahuan tentang membaca al-Qur’an dirasa lebih baik agar mempercepat pelasanaan penerimaan jika dilakukan sebelum penerimaan. Pelaksanaan program atau evaluasi process (proses) menunjukkan bahwa kesesuainya jadwal pembelajaran sudah baik karena sudah dimasukkan dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) hanya saja untuk kelas tahfidz masih kurang ideal jika dilakukan hanya satu kali seminggu. Pencapaian program tahsin dan tahfidz al-Qur’an atau evaluasi product (hasil) menyimpulkan bahwa Secara keseluruhan pelaksanaan program tahsin dan tahfidz di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta sudah mengalami peningkatan walupun belum dikatakan signifikan dan berhasil karena program tersebut merupakan program baru dilaksanakan.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/23737
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV