View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Law
      • Department of Law
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Law
      • Department of Law
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      TANGGUNG JAWAB PT. YAPINDO TRANSPORTAMA YOGYAKARTA TERHADAP KERUGIAN DALAM PENGIRIMAN BARANG

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (30.94Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (304.9Kb)
      ABSTRAK (144.7Kb)
      BAB I (290.5Kb)
      BAB II (632.7Kb)
      BAB III (160.7Kb)
      BAB IV (535.3Kb)
      BAB V (156.1Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (234.6Kb)
      LAMPIRAN (1006.Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (824.6Kb)
      Date
      2018-12-03
      Author
      MAULANA, HARJUNA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Proses pengiriman barang saat ini dibutuhkan dalam menunjang kebutuhan masyarakat Indonesia mulai dari ibu rumah tangga, pelaku usaha dibidang penjualan online, bahkan perusahaan. PT. Yapindo Transportama (PCP Express) adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman barang. Dalam proses pengiriman barang melibatkan banyak pihak agar proses pengiriman barang dapat berjalan dengan lancar seperti pengangkut, ekspedisi muatan dan penyelenggara pos. Namun dalam prakteknya perusahaan ekspedisi muatan dan penyelenggara pos turut ikut menjadi pihak pengangkut sehingga akan mengalami kesulitan dalam menerapkan peraturan perundang-undangan dalam hal pertanggung jawaban apabila terjadi resiko dalam proses pengiriman barang. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui status PT. Yapindo Transportama Yogyakarta (PCP Express) dalam hukum pengangkutan; dan 2) Untuk Mengetahui tanggung jawab perusahaan PCP Expres terhadap kerugian yang dialami oleh pengirim barang. Penelitian ini menggunakan penelitian normatif dan empiris. Penelitian normatif yaitu meletakkan hukum sebagai sebuah bangunan sistem norma. Sedangkan penelitian empiris adalah fakta empiris yang diambil dari perilaku manusia, baik perilaku verbal yang didapat melalui wawancara maupun perilaku nyata yang dilakukan pengamatan langsung. Hasil penelitian menunjukan bahwa status PT. Yapindo Transportama dalam hukum pengangkutan adalah sebagai penyelenggara pos, jasa titipan, pengangkut, komisioner. PT. Yapindo Transportama cabang Yogyakarta (PCP Express) hanya memberikan ganti rugi terhadap pengirim sesuai dengan resi pengiriman yang mana resi pengiriman tersebut bentuknya adalah perjanjian baku yang dibuat oleh PT. Yapindo Transportama cabang Yogyakarta dalam hal ini ganti rugi yang diberikan hanya kerusakan dan kehilangan sedangkan keterlambatan tidak diberikan ganti rugi dalam hal ini ganti rugi PT. Yapindo Transportama cabang Yogyakarta (PCP Express) belum sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Dikaitkan dalam prinsip tanggung jawab hukum PT. Yapindo Transportama cabang Yogyakarta berdasarkan prinsip tanggung jawab berdasarkan praduga (Presumption of liability) dan tanggung jawab pembatasan (liminition of liability).
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/23747
      Collections
      • Department of Law

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV