View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      INTERNALISASI KECERDASAN EMOSIONAL DI SANGGAR ANAK ALAM BANTUL YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (177.6Kb)
      HALAMAN JUDUL (714.0Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (588.3Kb)
      ABSTRAK (371.8Kb)
      BAB I (277.6Kb)
      BAB II (321.8Kb)
      BAB III (164.4Kb)
      BAB IV (418.5Kb)
      BAB V (270.2Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (275.6Kb)
      LAMPIRAN (3.400Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (854.9Kb)
      Date
      2018
      Author
      NUR, FINA ALFI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana internalisasi kecerdasan emosional di Sanggar Anak Alam serta faktor pendukung dan penghambat internalisasi kecerdasan emosional di Sanggar Anak Alam. Jenis penelitian ini adalah penelitian field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi partisipatif dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah : Tahap Internalisasi kecerdasan emosional Sanggar Anak Alam diantaranya : (a) Tahap Trannformasi nilai dilakukan oleh fasilitator di Sanggar Anak Alam dengan cara membuat kesepakatan bersama peserta didik ; (b) Tahap transaksi nilai dilakukan oleh fasilitator Di Sanggar Anak Alam dengan cara mengadakan diskusi dengan peserta didik permasalahan yang terjadi ; (c) Tahap transinternalisasi nilai dilakukan oleh fasilitator sanggar anak alam dengan menerapkan nilai atau kesepakatan yang didapat melalui simpulan hasil analisis sebab akibat yang telah dilakukan. (2) Upaya Internalisasi kecerdasan emosional di Sanggar Anak Alam diantaranya melalui: (a) Tagline “jaga diri, jaga teman, jaga lingkungan” ; (b) Fasilitator berperan sebagai penegak kesepakatan dan penggerak komunikasi dengan orang tua ; (c) Kurikulum Garis Besar Proses Pembelajaran : (d) Kelas wiraga, wirasa, dan wirama ; (e) Model pembelajaran daur belajar ; (f) Metode pembelajaran riset dan diskusi ; (g) Evaluasi proses belajar yang dilakukan secara terus menerus. (3) Faktor penghambat internalisasi kecerdasan emosional di Sanggar Anak Alam adalah orang tua yang belum dapat menjadi role model bagi anaknya. Sedangkan faktor pendukung internalisasi kecerdasan emosional di Sanggar Anak Alam yaitu adanya komunikasi intensif antara fasilitator dengan orang tua dan kepekaan fasilitator dalam menghadapi peserta didik.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/23782
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV