View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      STRATEGI GURU AGAMA DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI LINGKUNGAN SEKOLAH SD MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (90.85Kb)
      HALAMAN JUDUL (134.7Kb)
      ABSTRAK (159.9Kb)
      BAB I (116.1Kb)
      BAB II (159.7Kb)
      BAB III (62.83Kb)
      BAB IV (637.3Kb)
      BAB V (41.24Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (50.51Kb)
      LAMPIRAN (1.736Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (181.6Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (516.5Kb)
      Date
      2018
      Author
      AMIRUL, MUHAMMAD
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter siswa di SD Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta beserta strategi guru agama dalam membentuk karakter siswa di lingkungan sekolah SD Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus yakni mengangkat suatu permaslahan dengan mendalam dari kasus yang didapatkan di lapangan. Pengumpulan sumber data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpulkan selanjutnya dianalisis menggunakan model analisis milik Miles dan Huberman. Serta dilakukan pengecekan atas keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Karakter siswa di lingkungan Sekolah SD Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta terlihat melalui penerapan nilai-nilai karakter terhadap empat hal yaitu Pertama, karakter terhadap Tuhan, melalui nilai keimanan dan ketaqwaan. Kedua, karakter terhadap diri-sendiri, melalui nilai sabar, disiplin, kerja keras, jujur dan terbuka, percaya diri, mandiri, dan semangat. Ketiga, karakter terhadap orang lain, meliputi nilai amanah, kasih sayang, menghargai, pemaaf, dan sopan santun. Keempat, karakter terhadap lingkungan, meliputi nilai tanggung jawab dan menghargai kebersihan. 2) Strategi guru agama dalam membentuk karakter siswa diterapkan dalam 4 kegiatan, yang meliputi kegiatan pembelajaran, kegiatan ketauladanan, kegiatan penguatan dan kegiatan pembiasaan.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/23804
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV