View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      EVALUASI KEMAMPUAN KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN KEPALA SEK OLAH DALAM PENGUATAN BUDAYA SEKOLAH ISLAMI DI SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (60.07Kb)
      HALAMAN JUDUL (807.1Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (431.5Kb)
      ABSTRAK (92.34Kb)
      BAB I (125.7Kb)
      BAB II (221.7Kb)
      BAB III (59.72Kb)
      BAB IV (890.7Kb)
      BAB V (93.27Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (150.5Kb)
      LAMPIRAN (1.108Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (1.130Mb)
      Date
      2018
      Author
      QOIRIYAH, SITI AMANATUL
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui apa saja program kepala sekolah dalam penguatan budaya sekolah Islami di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. 2) Mengetahui pelaksanaan program budaya sekolah Islami di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. 3) Mengukur sejauh mana keberhasilan penguatan budaya sekolah Islami di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. 4) Mengkaji kemampuan kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dalam penguatan budaya sekolah Islami di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah evaluasi ekspos fakto (expose facto evaluation research), menggunakan pendekatan penelitian mix methods. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka keIslaman, guru ISMUBA, dan para siswa SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data kualitatifnya adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta kesimpulan dan verifikasi, selanjutnya analisis data kuantitatifnya menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Program budaya sekolah Islami di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta berupa, do’a sebelum dan sesudah belajar, solat wajib berjama’ah, solat Dhuha, tadarus Al-Qur’an, serta antri ketika makan siang dan jajan. 2) Pelaksanaan program budaya sekolah Islami di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta berjalan dengan baik dan lancar. 3) Keberhasilan program budaya sekolah Islami yaitu, do’a sebelum dan sesudah belajar (78,89%), solat wajib berjama’ah (85,83%), solat Dhuha (73,06%), tadarus Al-Qur’an (85%), serta antri makan siang dan jajan (83,06%). Dan 4) kemampuan kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dalam penguatan budaya sekolah Islami sudah baik, kepala sekolah telah melakukan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengontrolan, mengevaluasi. Namun kepala sekolah harus meningkatkan kemampuan dalam melakukan evaluasi program budaya sekolah Islami.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/23808
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV