View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Islamic Communication and Counseling
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Islamic Communication and Counseling
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      STRATEGI DAKWAH KOMUNITAS: STUDI KASUS KOMUNITAS PENDAKI MUSLIM JOGJA (KPMJ)

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (197.4Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (358.2Kb)
      HALAMAN JUDUL (36.31Kb)
      ABSTRAK (198.3Kb)
      BAB I (296.0Kb)
      BAB II (417.5Kb)
      BAB III (163.8Kb)
      BAB IV (1.308Mb)
      BAB V (203.4Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (228.7Kb)
      LAMPIRAN (162.6Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (338.0Kb)
      Date
      2018
      Author
      WAFA, AHMAD ROKHIS SADIDUL
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Strategi Dakwah Komunitas, Studi Kasus Komunitas Pendaki Muslim jogja (KPMJ) Islam adalah agama yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan dakwah mengajak kepada nilai-nilai kebaikan islam dan mencegah dari perbuatan yang mungkar. Zaman seamkin maju dan modern tidak menghapuskan kewajiban seorang muslim untuk berdakwah, justru hal tersebut menjadi tantangan sekaligus keuntungan bagi dunia dakwah. Dimana dakwah yang dilakukan menemui tantangan karena perbedaan objek dakwah yang telah mengalami pergeseran dari masa ke masa, namun juga menjadi keuntungan bagi para pegiat dakwah dikarenakan mudahnya sistem informasi dan komunikasi pada masa sekarang ini. dakwah pada masa sekarang ini bukan hanya terbatas pada proses ceramah yang dilakukan di masjid atau mushola saja, namun juga sudah merambah ke dunia digital seperti dakwah dengan media sosial dan bahkan saat ini juga merambah kepada dunia komunitas. Komunitas Pendaki Muslim Jogja menjadi salah satu Komunitas yang ikut andil dalam perjuangan dakwah Islam melalui Komunitas yang memiliki konsentrasi objek dakwah para pendaki secara khusus dan masyarakat luas secara umum. Melihat keunikan kegiatan dan objek dakwah Komunitas Pendaki Muslim Jogja maka peneliti tertarik meneliti strategi dakwah yang digunakan Komunitas Pendaki Muslim Jogja dalam berdakwah. Dan memutuskan untuk mengambil judul penelitian “Strategi Dakwah Komunitas, Studi Kasus Komunitas Pendaki Muslim Jogja (KPMJ” Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis induktif, melalui penyajian dalam bentuk data deskriptif. Adapun proses pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan kepada Komunitas Pendaki Muslim Jogja. Hasil penelitian menunjukan bahwa Komunitas Pendaki Muslim Jogja (KPMJ) menggunakan tiga cara strategi dawkah menurut Al Bayanuni, yang pertama yaitu dakwah dengan lemah lembut yang berorientasi pada perasaan objek dakwah dengan kegiatan bakti sosial dan penyaluran bantuan, yang kedua dakwah dengan rasional yang berorientasi pada akal pikiran objek dakwah dengan melakukan tadabur alam dan tafakur, serta yang ketiga dakwah yang berorientasi pada panca indra dan ketauladanan dengan cara menunjukan keteguhan dalam memegang nilai-nilai keislaman meski sedang berkegiatan dimanapun.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/23840
      Collections
      • Department of Islamic Communication and Counseling

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV