View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU ISMUBA TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (164.6Kb)
      HALAMAN JUDUL (888.0Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (370.1Kb)
      ABSTRAK (258.2Kb)
      BAB I (265.0Kb)
      BAB II (510.9Kb)
      BAB III (455.0Kb)
      BAB IV (1.355Mb)
      BAB IV (1.355Mb)
      BAB V (155.3Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (217.1Kb)
      LAMPIRAN (715.3Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (543.0Kb)
      Date
      2018
      Author
      ROSIDA, HANIK RIYADATUR
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengetauhi keterampilan mengajar guru ISMUBA, dan mengindentifikasi terkait minat belajar di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta, selanjutnya untuk membuktikkan pengaruh keterampilan mengajar guru ISMUBA terhadap minat belajar peserta didik di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan model korelasi. Populasi berjumlah 150, dengan sampel 30 siswa yang diambil dengan random sampling. Data dikumpulkan dengan angket dan analisis secara deskriptif, uji anova, uji regresi linier sederhana, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Keterampilan mengajar guru ISMUBA di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta dalam kelas interval 120 – 123 merupakan interval yang memiliki frekuensi siswa sebanyak 10 siswa dan frekuensi 33% yaitu pada kategori sangat tinggi. Sedangkan untuk kelas interval yang rendah terdapat pada kelas interval 114-116 dengan jumlah 2 siswa. Jika melihat hasil nilai mean 123,23, nilai tersebut berada diantara kelas interval 120 – 123, dengan ini dapat dikatakan bahwa keterampilan mengajar guru ISMUBA dalam kategori sangat baik. (2) Minat belajar peserta didik di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta dalam kelas interval 113 -116 merupakan interval yang memiliki siswa sebanyak 9 siswa dan frekuensi 30% yaitu pada kategori sangat tinggi, sedangkan untuk kelas interval yang rendah terdapat pada kelas interval 100 - 104 dengan jumlah 2 siswa. Jika melihat hasil nilai mean 115,57, nilai tersebut berada diantara kelas interval 115 – 120, dengan ini dapat dikatakan bahwa minat belajar dalam kategori sangat tinggi. (3) Terdapat pengaruh keterampilan mengajar guru ISMUBA terhadap minat belajar. Hal ini dapat dibuktikan dilihat dari hasil perhitungan uji anova yang menunjukan bahwa nilai sig 0,037 < 0,05 maka Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh keterampilan mengajar guru ISMUBA terhadap minat belajar peserta didik di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/23990
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV