View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Nursing
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Nursing
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS CARING DALAM MENINGKATKAN PERFORMANCE MAHASISWA KEPERAWATAN DI SKILL LABORATORY UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      HALAMAN JUDUL (660.0Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (361.3Kb)
      ABSTRAK (162.4Kb)
      BAB I (248.6Kb)
      BAB II (316.5Kb)
      BAB III (272.8Kb)
      BAB IV (298.0Kb)
      BAB V (87.96Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (232.7Kb)
      LAMPIRAN (1.222Mb)
      Date
      2016
      Author
      NUGRAHA, DEDEP
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Latar belakang : Masyarakat semakin menyoroti perawat yang dianggap kurang performance-nya. Masalah Performance perawat juga terjadi pada mahasiswa praktikan keperawatan. Kendala pembelajaran skill laboratory keperawatan yaitu mahasiswa yang kurang aktif dan instruktur yang kurang tertata. Caring merupakan bagian dari performance mahasiswa yang menjadi fokus pendidikan keperawatan. Tujuan : Menganalisis perbedaan performance mahasiswa sebelum dan setelah dilakukan intervensi pembelajaran berbasis caring di skill laboratory Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Metode : Penelitian kuantitatif dengan quasy-experiment. Penelitian dilakukan selama 2 minggu dengan 2 skill pembelajaran kepada kelompok intervensi dengan adanya kelompok kontrol. Sebelum intervensi dilakukan mahasiswa diberikan modul pembelajaran. Asisten dosen instruktur skill laboratory memberikan pembelajaran dengan struktur caring pada mahasiswa yang dibagi dalam kelompok kecil. Hasil : Adanya perbedaan hasil performance mahasiswa keperawatan sebelum dan setelah intervensi dilakukan pembelajaran berbasis caring di skill laboratory Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Namun tidak terdapat perbedaan performance antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Hal ini dibuktikan hasil uji t-test Kelompok intervensi dan kontrol dengan nilai p value = 0,063 (p value ≥ 0,05). Kesimpulan : Metode pembelajaran berbasis caring merupakan inti dari keperawatan yang bisa diterapkan pada pembelajaran mahasiswa keperawatan. Dengan menggunakan pembelajaran berbasis caring dapat meningkatkan performance mahasiswa keperawatan.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/2405
      Collections
      • Master of Nursing

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV