dc.description.abstract | Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki jumlah tenaga keperawatan terbanyak dibandingkan tenaga kesehatan lain. Peran perawat secara formal telah dituangkan pada draf kurikulum pendidikan ners yaitu perawat sebagai care provider,communicator,educator dan health promotor, manager dan leader, serta perawat sebagai researcher. Penelitian ini bertujuan mengetahui persepsi mahasiswa PSIK UMY tentang peran perawat di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan desain analitik deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Metode pengambilan sampel adalah proportional stratified random sampling sebanyak 215. Penelitian ini menggunakan kuesioner adopsi yang telah dimodifikasi oleh peneliti dan telah dilakukan uji validitas pearson product momment pada 30 orang dengan angka r tabel 0,361 dan reliabilitas menggunakan cronbach’s alpha dengan hasil 0,923. Penelitian dilakukan pada mahasiswa PSIK FKIK UMY. Responden sebagian besar remaja akhir yaitu berumur 17-20 tahun sebanyak 133 responden (61,9%) dan sebagian besar responden berjenis kelamin perempuan yaitu sebanyak 155 mahasiswa (72.1%). Responden memiliki persepsi yang baik tentang peran perawat sebagai care provider yaitu sebanyak 170 responden (79,1%), sebagai communicator yaitu sebanyak 135 responden (62.8%), sebagai educator dan health promotor yaitu sebanyak 115 responden (53.5%). Responden memiliki persepsi dalam kategori sedang tentang peran perawat sebagai manager dan leader yaitu sebanyak 109 responden (50,7%) dan sebagai researcher yaitu sebanyak 119 responden (55,3%). Sebagian besar mahasiswa
PSIK FKIK UMY memiliki persepsi yang baik tentang peran perawat di Indonesia yaitu sebanyak 150 mahasiswa (69.8%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah Persepsi mahasiswa PSIK FKIK UMY tentang peran perawat di Indonesia dalam kategori baik. | en_US |