PENGARUH VARIASI PUTARAN RENDAH DAN PUTARAN SEDANG PADA CENTRIFUGAL CASTING TERHADAP SIFAT FATIK PADUAN A 356UNTUK VELG SEPEDA MOTOR
Abstract
Centrifugal casting adalah salah satu metode pengecoran yang memanfaatkan gaya centrifugal untuk menekan logam cair di dalam cetakan yang berputar untuk mengurangi terjadinya porositas. Salah satu produk otomotif yang dapat dihasilkan dengan metode ini adalah velg kendaraan roda dua. Velg kendaraan roda dua dalam pemakaian sehari-hari akan menerima beban dinamis. Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kecepatan putar terhadap karakteristik fatik pada centrifugal casting paduan aluminium A356 velg kendaraan roda dua dengan putaran rendah 0 RPM dan350 RPM sertaputaran menengah 550 RPM.
Pengecoran pada penelitian ini menggunakan metode centrifugal casting. Material yang digunakan adalah paduan aluminium cor A356. Variasi putaran yang digunakan pada centrifugal casting adalah 0,350 dan 550 RPM. Proses pengecoran dilaksanakan dengan pre-heating cetakan 2500C, temperatur penuangan 7500C dan dengan penambahan penghalusbutiran titanium boron 0.08%. Hasil pengecoran kemudian dibuat spesimen untuk uji fatik rotari bending sesuai dengan standar JIS Z 2274 No.1.
Pengujian yang telah dilakukan adalah rotary bending fatigue test. Hasil pengujian menunjukan bahwa velg dengan putaran 0 RPM menghasilkan hubungan amplitude tegangan dengan jumlah siklus σa=〖444N〗^(-0.14), putaran 350 RPM mempunyai hubungan amplitude tegangan dengan jumlah siklus σa=〖1088N〗^(-0.21)dan pada putaran 550 RPM mendapatkan hubungan amplitude tegangan dengan jumlahsiklus σa= 〖227N〗^(-0.11).
Kata kunci : A356, centrifugal casting, fatik, variasi putaran, stress amplitude, cyclic stress