View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Communication Science
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Communication Science
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      STRATEGI EXPERIENTIAL MARKETING PADA EVENT JOGJA INTERNATIONAL HERITAGE WALK DALAM MEMPROMOSIKAN POTENSI PARIWISATA YOGYAKARTA KEPADA WISATAWAN MANCANEGARA DI YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (49.81Kb)
      HALAMAN JUDUL (287.0Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (502.0Kb)
      ABSTRAK (84.58Kb)
      BAB I (576.9Kb)
      BAB II (885.1Kb)
      BAB III (934.3Kb)
      BAB IV (174.0Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (94.56Kb)
      LAMPIRAN (360.0Kb)
      Date
      2016
      Author
      YUNARKO, AZELA M.
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Diberlakukannya ASEAN Economic Community atau Masyarakat Ekonomi ASEAN pada akhir tahun 2015 lalu berpotensi untuk mendorong pertumbuhan wisatawan mancanegara ke Indonesia. Sebab dengan diberlakukannya MEA, akan terjadi peningkatan pergerakan manusia di wilayah ASEAN, yang berarti bahwa jumlah wisatawan ke Indonesia dari negara-negara ASEAN akan meningkat juga. Potensi besar ini merupakan peluang yang bagus bagi Provinsi D.I. Yogyakarta, yang merupakan tujuan wisata kedua di Indonesia yang paling banyak dikunjungi wisatawan, setelah Bali. Yogyakarta dalam mempromosikan kekayaan yang dimilikinya, menyelenggarakan sebuah event berskala internasional yang dapat memberikan pengalaman terhadap kekayaan kebudayaan dan pariwisata yang dimiliki Yogyakarta kepada masyarakat dunia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui dan mendeskripsikan strategi experiential marketing yang dilakukan oleh penyelenggara di dalam event Jogja International Heritage Walk (JIHW), serta media yang digunakan para peserta untuk menyebarkan pengalaman yang didapatkan dari partisipasinya di dalam event tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan dianalisa secara kualitatif. Informan diambil berdasarkan purposive sampling, sebanyak tiga orang, berdasarkan keterlibatan perannya dalam proses perancangan dan keberlangsungan event. Sementara metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam (indepth interview) dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan, Jogja Walking Association (JWA), yakni pihak penyelenggara, berhasil memberikan pengalaman menyenangkan dan berkesan kepada peserta, baik peserta lokal maupun asing, terhadap kekayaan kebudayaan dan pariwisata yang dimiliki Yogyakarta, melalui integrasi lima unsur menarik yang terdapat pada konsep yang dicanangkan di dalam JIHW dan perancangan yang detil terhadap setiap touching point di dalam rangkaian kegiatan JIHW. Adapun peserta menggunakan word of mouth baik secara langsung kepada kerabat – kerabatnya, maupun melalui blog pribadi milikinya, untuk menyebarkan pengalamannya mengikuti JIHW. Ini merupakan salah satu faktor yang menyebabkan selalu terjadinya peningkatan peserta baik lokal maupun asing pada setiap tahun JIHW diadakan.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/2498
      Collections
      • Department of Communication Science

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV