View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Islamic Studies
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Islamic Studies
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      MODEL PERKADERAN ULAMA DI PENDIDIKAN ULAMA TARJIH MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (91.18Kb)
      Halaman Pengesahan (372.3Kb)
      Abstrak (496.1Kb)
      Kata Pengantar (204.5Kb)
      Daftar Isi (223.4Kb)
      BAB I (346.0Kb)
      BAB II (394.0Kb)
      BAB III (259.3Kb)
      BAB IV (706.8Kb)
      BAB V (182.2Kb)
      Daftar Pustaka (247.2Kb)
      Date
      2018
      Author
      SALIM, AGUS
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk melacak latar belakang berdirinya, 2) mengkaji model perkaderan ulama, 3) menemukan kendala yang dihadapi oleh Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitik. Subjek penelitian ini adalah mudir, wakil mudir, kepala tata usaha, pamong dan musyrif. Sedangkan objek penelitiannya adalah Model Perkaderan Ulama Tarjih Muhammadiyah. Adapun sumber datanya diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisi data yang digunakan adalah analisis model interaktif dari Miles dan Huberman, yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk memeriksa keabsahan data penyusun menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Adapun hasil penelitian tesis ini adalah pertama, latar belakang berdirinya Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah Yogyakarta adalah 1) semakin langkanya ulama di lingkungan Muhammadiyah, 2) Keprihatinan dengan banyaknya ulama, terutama di kalangan Muhammadiyah, yang sudah udzur, dan 3) Generasi muda Muhammadiyah miskin pengetahuan dalam penguasaan kitabkitab berbahasa Arab. Kedua, model perkaderan ulama di PUTM ada dua macam, yaitu perkaderan utama: Baitul Arqam, dan perkaderan fungsional: sekolah kader. Sedangkan model pembinaan kadernya adalah pembinaan ruhiyah, dakwah, dan ilmiyah serta model pengabdian pasca pendidikan. Ketiga, ada beberapa kendala yang dihadapi dalam penyelengaraan model perkaderan ulama Muhammadiyah, yaitu fasilitas sarana dan prasarana, dana operasional dan pengembangan, rekruitmen thalabah baru, dosen/tenaga pengajar, dan pembinaan thalabah yang belum maksimal dan integratif.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/25020
      Collections
      • Master of Islamic Studies

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV