PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN KOMITMEN IDEOLOGI PERSYARIKATAN TERHADAP KINERJA GURU DI SEKOLAH MUHAMMADIYAH DI KECAMATAN BOBOTSARI KABUPATEN PURBALINGGA
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi berprestsi dan komitmen ideologi persyarikatan terhadap kinerja guru di Sekolah Muhammadiyah di Kecamatan Bobotsari Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto. Tekhnik pengumpulan menggunakan angket tertutup. Data dikumpulkan dari 118 responden dengan menggunakan metode pengambilan sampel accidental sampling. Analisis data dilakukan melalui analisis instrument penelitian yang meliputi uji validitas menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan teknik Cronbach’s alpha; uji linieritas menggunakan langrange Multiplier;pengujian hipotesis meliputi uji t, uji F dan koefisien determinasi; uji linieritas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Motivasi berprestasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja, 2) Komitmen ideologi persyarikatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja. Ini ditunjukkan dengan koefisien regresi variabel motivasi 0,506 dengan sig 0.000 dan variabel komitmen ideologi 0,157 dengan sig 0,072. Uji T menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan variabel motivasi terhadap kinerja dengan thitung variabel motivasi 5,842 dan sig 0,000, sedangkan pada variabel komitmen ideologi terdapat pengaruh signifikan terhadap kinerja dengan thitung variabel komitmen ideologi 1,815 dan sig 0,072. Uji F menunjukkan bahwa motivasi dan komitmen ideologi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai f hitung sebesar 32,559. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa Nilai R square total sebesar 0,362, artinya variabel kinerja guru dijelaskan oleh variable motivasi dan komitmen idoelogi sebesar 36,2% dan sisanya sebesar 63,8% dijelaskan faktor lain di luar model penelitian.