View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Islamic Studies
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Islamic Studies
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENGARUH TINGKAT EKONOMI ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (151.1Kb)
      Halaman Pengesahan (532.5Kb)
      Abstrak (94.34Kb)
      Kata Pengantar (233.9Kb)
      Daftar Isi (103.5Kb)
      BAB I (261.0Kb)
      BAB II (398.5Kb)
      BAB III (319.4Kb)
      BAB IV (313.9Kb)
      BAB V (96.28Kb)
      Daftar Pustaka (159.4Kb)
      Date
      2018
      Author
      HADI, M. SAIFUDDIN
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh faktor eksternal dan intenal. Motivasi belajar adalah salah satu famtor internal prestasi belajar, sedangkan lingkungan keluarga yang dalam tesis ini lebih dispesifikasikan dengan tingkat ekonoi orang tua merupakan faktor eksternal prstasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh tingkat ekonomi orang tua, motivasi belajar terhadap prestasi belajar di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. dalam hal ini dimulai dengan memperhatihan keadaan tingkat ekonomi orangtua, keadaan motivasi belajar siswa serta prestasi belajarnya dan dilanjutkan dengan penelitian adanya pengaruh tingkat ekonomi orang tua terhadap prestasi, pengaruh motivasi terhadap prestasi serta pengaruh tingkat ekonomi dan motivasi secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini merupakan siswa kelas X, XI dan XII di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta yang terdiri dari 504 siswa. Sampelnya 50 siswa, yang dipilih dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Uji instrumen dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan untuk menguji hipotesis menggunakan analisis regresi. Hasilnya menunjukkan bahwa 1) tidak terdapat pengaruh yang signifikan tingkat ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar, 2) tidak terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar, 3) Tidak terdapat pengaruh signifikan secara bersama-sama antara tingkat ekonomi orang tua, motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tinggi rendahnya prestasi belajar siswa di SMA uhammadiyah 7 Yogyakarta tidak dipengaruhi oleh faktor tingkat ekonomi orang tua maupun motivasi belajar, namun dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/25025
      Collections
      • Master of Islamic Studies

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV