KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DAN SUPERVISI AKADEMIK DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU SMK MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN
Abstract
Mutu pendidikan dapat dicapai apabila sekolah telah memenuhi minimal standar pendidikan. Salah satunya adalah guru sebagai pendidik. Pelaksanaan proses pembelajaran, guru dituntut untuk mampu melaksanakan tugas dan tanggungjawab secara optimal. Untuk mengantisipasi faktor-faktor negatif yang dimiliki seorang guru perlu adanya peran kompetensi manajerial kepala sekolah dan supervisi akademik dalam rangka peningkatan kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kompetensi manajerial kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan. (2) Supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah dapat meningkatkan kinerja guru di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian diskriptif. Lokasi penelitian di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan dengan sumber data dalam penelitian adalah kepala sekolah dan guru. Adapun obyek penelitiannya tentang kompetensi manajerial kepala sekolah, supervisi akademik, dan kinerja guru. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka, tahapan penelitian mengunakan teori Moleong. Sedangkan untuk teknik keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi di antaranya : 1) uji kredibilitas dengan menggunakan triangulasi sumber; (2) transferabilitas; (3) dependabilitas; dan (4) konfirmabilitas. Analisis data dilakukan dengan cara yang dikemukan oleh Hubberman dan Miles yaitu: (1) reduksi data; (2) penyajian data; (3) kesimpulan dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) Kompetensi manajerial kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan merupakan kegiatan yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam menyusun program berbagai tingkat, memimpin pemberdayaan sumber daya secara optimal, mengelola segala perubahan dan mengembangkan sekolah melalui organisasi yang efektif, menciptakan budaya dan iklim sekolah yang menyenangkan serta bekerja sama dengan masyarakat dalam rangka mencari dukungan ide, sumber belajar dan pembiayaan; (2) Supervisi akademis yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan adalah usaha-usaha yang dilakukan oleh kepala sekolah beserta tim sumber daya manusia dalam merencenakan, melaksanakan, dan melakukan tindah lanjut dari temuan hasil supervisi guna meningkatkan keprofesionalan / kinerja guru di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan.