View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Islamic Studies
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Islamic Studies
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN SOSIAL GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SD MUHAMMADIYAH KADISORO II

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (31.93Kb)
      Halaman Pengesahan (528.3Kb)
      Abstrak (11.66Kb)
      Kata Pengantar (157.8Kb)
      Daftar Isi (163.7Kb)
      BAB I (248.0Kb)
      BAB II (307.4Kb)
      BAB III (278.3Kb)
      BAB IV (328.5Kb)
      BAB V (163.1Kb)
      Daftar Pustaka (219.2Kb)
      Date
      2018
      Author
      KOMARUDIN, ENCEP
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kompetensi kepribadian dan sosial mempengaruhi terhadap motivasi belajar siswa.Penelitian ini menguji tiga hipotesis: pertama, ada pengaruh signifikan kompetensi kepribadian terhadap motivasi belajar siswa. Kedua ada pengaruh signifikan kompetensi sosial terhadap motivasi belajar siswa. Ketiga ada pengaruh kompetensi kepribadian dan sosial secara simultan terhadap motivasi belajar siswa. Populasi sejumlah 85 siswa SD Muhammadiyah Kadisoro II, diambil sebagai sampel 13 siswa. Tehnik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dan diperkaya dengan wawancara. Data dianalisis dengan analisis regresi berganda dengan bantuan computer SPSS. 15. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Hasil pengujian hipotesis I menunjukkan nilai t hitung > t table (3,472) > (2,160) dan signifikansi < 0,05 (0,006) < (0,05).jadi dapat disimpulkan bahwa variable bebas kompetensi kepribadian (X1) secara individu mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar (Y). Hasil pengujian hipotesis 2 menunjukkan nilai thitung > ttable (6,557) > (2,160) dan signifikansi < 0,05 (0,006) < (0,05). maka Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa variable bebas kompetensi sosial ( X2 ) secara individu mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar (Y). Hasil pengujian hipotesis 3 diketahui bahwa Ftabel 4,10. Karena nilai Fhitung 75,880 lebih > dari Ftable (7,5880) > (4,10) maka dapat ditarik kesimpulan bahwa variable X1 dan X2 secara bersama-sama ( simultan ) berpengaruh terhadap variabel terkait Y. Dengan demikian kompetensi kepribadian dan soasial secara simultan berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa SD Muhammadiyah Kadisorso II Karangasem Gilangharjo Pandak Bantul diterima.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/25038
      Collections
      • Master of Islamic Studies

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV