HUBUNGAN KUALITAS KEGIATAN FULL DAY SCHOOL DENGAN TINGKAT RELIGIUSITAS SISWA KELAS VI DI SD MUHAMMADIYAH PAKEL PROGRAM PLUS YOGYAKARTA
Abstract
Tujuan penelitian adalah 1) mengetahui kualitas kegiatan full day school, 2) tingkat religiusitas siswa dan 3) mengetahui hubungan kegiatan full day schooldengan tingkat religiusitas siswa kelas VI di SD Muhammadiyah Pakel Program Plus Yogyakarta.Jenis penelitian deskriptif kuantitatif, sedangkan subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Muhammadiyah Pakel Yogyakarta sebanyak 50 siswa. Teknik sampling denganteknik purpose sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dengan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi.. Sedangkan analisis statistik menggunakan deskriptif- korelasi. Hasil penelitian ini diperoleh data bahwa 1) pelaksanaan kegiatan full day schooltermasuk kategori Baik (73,70%)meliputi proses pembelajaran, kesempatan berlibur siswa, prestasi siswa dan peran guru. 2) Tingkat religiusitas siswatermasuk kategori ‘Tinggi’ (85,33%)meliputi aspek keyakinan, ritualistik, pengamalan, pengetahuan dan pengalaman). 3) Sedangakan hubunganfull day schooldengan tingkat religiusitas siswa terdapat korelasi positif yang signifikan. Hal tersebut tampak dari hasil penghitungan korelasi sebesar 0,377. karena nilai Signifikansi (0,004 < 0,05) maka Ho ditolak, artinya bahwa ada hubungan secara signifikan Full Day School (variabel X) dengan tingkat religiusitas (variable Y).