HUBUNGAN KREATIVITAS GURU AGAMA DALAM PROSES BIMBINGAN KONSELING DENGAN MOTIVASI BERAKHLAK MULIA SISWA MTs MUHAMMADIYAH TRUCUK KLATEN
Abstract
Latar belakang pengambilan judul tersebut adalah upaya meningkatkan motivasi berakhlak mulia siswa melalui guru agama dengan bimbingan konseling, karena guru agama dan bimbingan konseling adalah guru yang mempunyai pengaruh dalam pembinaan akhlak siswa. Bimbingan konseling adalah suatu bantuan yang diberikan seseorang (konselor) kepada orang lain (klien) yang bermasalah psikis, sosial dengan harapan klien tersebut dapat memecahkan masalahnya, memahami dirinya, mengarahkan dirinya sesuai dengan kemampuan dan potensinya sehingga mencapai penyesuaian diri dengan lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Hakekat bimbingan dan konseling islami adalah upaya membantu individu belajar mengembangkan fitrah dan atau kembali kepada fitrah dengan cara memberdayakan (enpowering) iman, akal dan kemauan yang dikaruniakan Allah SWT, kepadanya untuk mempelajari tuntunan Allah dan Rasulnya, agar fitrah yang ada pada individu itu berkembang dengan benar dan kokoh sesuai tuntunan Allah, denganguru agama dan bimbingan konseling diharapkan motivasi berakhlak mulia siswa tinggi dan akan semakin baik. Dalam penelitian ini penulis memfokuskan pada pengaruh kreativitas guru agama dalam bimbingan konseling dengan motivasi berakhlak mulia pada siswa MTs Muhammadiyah Trucuk Klaten populasi berjumlah 223 anak, sedang sampel yang penulis ambil adalah sejumlah 35 anak. Dalam penelitian ini penulis melakukan pengumpulan data dengan beberapa metode yaitu metode interview (wawancara), metode observasi, metode dokumentasi, metode angket, metode tes sedang metode analisa data menggunakan metode statistik korelasi product moment dari Karel Person. Pada akhir penelitian dari analisa data statistik hasil perhitungan dari korelasi product moment diperoleh angka sebesar 0,607 angka ini lebih besar dibandingkan dengan daftar tabel signifikansi 5% yaitu 0,344 dan signifikansi 1% sebesar 0,442 atau dapat dilukiskan 0,344 < 0,607 > 0,442. Maka Hipotesa alternatif (Ha) yang berbunyi ada korelasi positif yang signifikan antara nilai kreativitas guru agama dalam bimbingan konseling dengan motivasi berakhlak mulia pada siswa MTs Muhammadiyah Trucuk Klaten dapat diterima karena terbukti kebenarannya.