dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Mengetahui perkembangan anak dalam alQur'an; 2) Mengetahui implikasi perkembangan anak dalam al-Qur’an terhadap materi dan metode Pendidikan Islam. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian literatur (library research) yang difokuskan untuk mengkaji secara ilmiah literatur-literatur kepustakaan yang relevan dengan tema penelitian ini. Penelitian ini bersifat deskriptif analitik. Teknik pengumpulan datanya menggunakan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Content Analysis (analisis isi). Hasil penelitian ini adalah bahwa setiap anak memiliki berbagai potensi, yaitu; potensi keagamaam (fitrah), potensi kognitif, potensi akhlak atau moral dan potensi social. Al-Qur’an secara eksplisit menjelaskan materi-materi pendidikan yang dapat menumbuh kembangkan potensi tersebut, diantaranya dijelaskan dalam surat Lukman ayat 13-19. Agar materi tersebut dapat dicerna oleh anak, maka dibutuhkan metode belajar yang baik, di antaranya al-Qur’an menawarkan beberapa metode pendidikan seperti, metode keteladanan, metode pembisaan, metode nasehat, metode kisah, metode diskusi (mujadalah) dan metode reward (penghargaan/hadiah) dan hukuman. | en_US |