BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN SPIRITUAL PARENTING DALAM MENINGKATKAN KONSEP DIRI SISWA DI MTs NEGERI 2 SLEMAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pelaksanaan Bimbingan kelompok dengan pendekatan spiritual parenting, (2) mengetahui tingkat pemahaman konsep diri siswa sebelum mendapat perlakuan b, (3) mengetahui tingkat pemahaman konsep diri siswa setelah mendapat perlakuan, (4) mengetahui perbedaan konsep dki siswa sebelum dan sesudah pelaksanaan bimbingan kelompok dengan pendekatan Spiritual Parenting. Jenis penelitian ini, eksperimen dengan pendekatan mixed methodSubyek penelitian sebanyak 30 orang dari 151 orang siswa kelas IX MTs Negeri 2 Sleman menggunakan tehnik proportional sample.Tehnik pengumpulan data menggtrnakan tes tertulis dianalisa kuantitatif dengan uji-t dan observasi dianalisa kualitatif dengan teori . Hasil penelitian : (1) Bimbingan kelompok dengan pendekatan Spiritual Parenting untuk meningkatkan konsep diri siswa dilihat proses pelaksananaan maupun hasilnya terlihat ada perbedaan dan juga perubahan perilaku yang bisa diamati oleh guru wali kelas, orang tua dirumah dan peneliti. Kegiatan penelitian keseluruhan bedalan dengan baik sesuai dengan yang rencanakan, (2) tingkat pemahaman konsep diri siswa sebelum perlakuan dilakukan pre-test mendapat nilai rerata 89,56 dan masuk kategori sedang, (3) setelah mendapat perlakukan diberi post-test diperoleh nilai rerata 96,23 yang masuk kategori tinggi, (4) melihat hasil dari pre-test dan post-test dilakukan uji t-test menunjukkan perbedaan konsep diri sebelum dan sesudah layananbimbingan kelompok dengan mendapat hasil 3,201 dengan taraf signifikasi 95% sebesar 0,442. Berdasar nilai tersebut maka bimbingan kelompok dengan pendekatan Spiritual Parenting eGktif dalam meningkatkan konsep diri siswa yang ditunjukkan dengan perubahan cara pandang, sikap maupun perilaku siswa.