PERBANDINGAN PENGALAMAN KEBERAGAMAAN SISWA SMK DENGAN SMU (Studi kasus di SMK Muhammadiyah 1 Muntilan dan SMU Muhammadiyah 1 Muntilan0
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tingkat Pengalaman Keberagamaan Siswa SMK Muhammadiyah 1 Muntilan Dan Siswa SMU Muhammadiyah 1 Muntilan. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk membuktikan apakah ada perbedaan Tingkat Pengalaman Keberagamaan Siswa SMK Muhammadiyah 1 Muntilan Dan Siswa SMU Muhammadiyah 1 Muntilan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan kuisioner dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan analisis dekriptif dan pengujian hipotesis menggunakan uji independent sample T-test. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Pengalaman keberagamaan siswa SMK Muhammadiyah 1 Muntilan termasuk dalam kategori tinggi dengan presentase sebesar (88,3%) dan 11.7 % dalam kategori sedang. (2) Pengalaman keberagamaan siswa SMK Muhammadiyah 1 Muntilan termasuk dalam kategori tinggi dengan presentase sebesar (88,3%) dan 11.7 % dalam kategori sedang. (3) Tidak terdapat perbedaan tingkat Pengalaman keberagamaan pada siswa SMK Muhammadiyah 1 Muntilan dan siswa di SMU Muhammadiyah 1 Muntilan. Hal ini ditujukan pada nilai t hitung skala pengalaman keberagamaan sebesar 1,141 sedangkan t tabel dengan df (degree of freedom) sebesar 118 (60+60-2) pada taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 1.6579, sehingga t hitung lebih kecil dari t tabel (1,141 < 1.6579).