View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Islamic Studies
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Islamic Studies
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      EVALUASI PROSES PELAKSANAAN PENDIDIKAN KEPEMIMPINAN DI MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (166.5Kb)
      Halaman Pengesahan (508.5Kb)
      Abstrak (76.12Kb)
      BAB I (217.4Kb)
      BAB II (95.81Kb)
      BAB III (434.2Kb)
      BAB IV (1.108Mb)
      BAB V (76.00Kb)
      Daftar Pustaka (146.3Kb)
      Date
      2018
      Author
      HAYATI, RITA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendiskripsikan pelaksanaan program pendidikan kepemimpinan di Madrasah Mu”allimaat Muhammadiyah Yogakarta dengan pendekatan evaluasi program model CIPP; (2) menjelaskan faktor penyebab kendala dalam pelaksanaan program pendidikan kepemimpinan; (3) menjelaskan soslusi masalah dalam pelaksanaan program pendidikan kepemimpinan. Penelitian ini termasuk penelitian evaluasi dengan melihat efektivitas masingmasing faktor sesuai model CIPP (context, input, process,dan product). Subjek penelitian ini adalah unsur direktur, wakil direktur, kepala urusan, guru leadership, guru bimbingan dan konseling, pamong dan musyrifah asrama, dan siswi Madrasaha Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, lembar observasi dan dekumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif deskriptik. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan Program Pendidikan Kepemimpinan di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta termasuk cukup efektif ditinjau dari komponen konteks, input, proses, maupun produk. (2) Faktor-faktor kendala dalam pelaksanaan pendidikan kepemimpinan meliputi: (a)komponen lingkungan yang belum sepenuhnya mendukung pelaksanaan tata tertib, (b) ) komponen siswi yang belum seluruhnya berpartisifasi secara aktif dalam mengikuti program, (c) komponen guru/pembimbing yang belum optimal dalam pendampingan pembinaan, (d) komponen sarana prasarana yang masih perlu perbaikan dan belum mencukupi kebutuhan, (e) komponen proses yang masih kesulitan dalam pembagian waktu kegiatan, (d) komponen hasil yang belum maksimal pada tindak lanjut kegiatan. (3) Solusi masalah dalam pelaksanaan pendidikan kepemimpinan: (a) merealisasikan kampus terpadu, (b) keterlibatan partisifasi aktif siswi, (c) optimalisasi peran pendampingan pembinaan, (d) perbaikan dan pengadaan sarana prasarana, (e) perbaikan proses kegiatan yang terkoordinasi, (f) perbaikan tindak lanjut hasil program pendidikan kepemimpinan.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/25068
      Collections
      • Master of Islamic Studies

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV