STRATEGI KAMPANYE DINAS KEBUDAYAAN DIY MELALUI DUTA MUSEUM DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT UNTUK BERKUNJUNG KE MUSEUM DIY TAHUN 2015-2016
Abstract
Latar belakang Strategi Kampanye Dinas Kebudayaan DIY melalui Duta Museum dalam upaya meningkatkan masyarakat untuk mengunjungi museum tahun 2015-2016 bermula dari kurangnya minat masyarakat dalam mengunjungi museum yang terdapat di DIY, maka Dinas Kebudayaan DIY membuat pemilihan duta museum agar duta museum dapat mengakampanyekan museum di DIY yang bertujuan untuk memperkenalkan, mendekatkan, serta membuat masyarakat lebih mencintai museum.
Jenis penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan cara wawancara pihak Dinas Kebudayaan DIY, Duta Museum DIY, dan masyarakat. observasi yaitu pengamatan langsung pada saat kampanye sedang berlangsung, dan dokumentasi diperoleh dari Dinas Kebudayaan serta Duta Museum dan lainnya yang berhubungan dengan kampanye dilaksanakan.
Hasil dari penelitian ini adalah peneliti menunjukan bahwa langkah kampanye yang dilaksankan oleh Dinas Kebudayaan DIY melalui Duta Museum dalam menggunakan strategi kampanye sudah tepat, dengan adanya kegiatan kampanye ini masyarakat dapat lebih mengetahui informasi tentang duta museum melalui kegiatan yang dilaksanakan oleh duta museum.