MANAJEMEN PEMBELAJARAN AL-ISLAM DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 (PERBANDINGAN DI SMP MUHAMMADIYAH 2 DAN 3 YOGYAKARTA
Abstract
Nailul lzzah, S.Pd.l. NfM. 20161010016)., Manajemen Pembelajaran AlIslam Dalam Implementasi Kurikulum 2013 (Perbandingan Di SMP Muhammadiyah 2 Dan 3 Yogtakarta). Konsentrasi Manajemen Pendiidkan Islam, Program Studi Magister Studi Islam, Program Pascasadana UMY Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 20 1 8. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keberhasilan pembela.jaran AlIslam, mengetahui perbedaan dan persamaan manajemen pembelajaran Al-lslarn, dan mengetahui faktor penghambat dan solusi strategisnya manajemen pembelajaran Al-lslam dalam implementasi Kurikulum 20 I 3. Jenis penilitian ini adalah penelitian fenomenologi, dengan pendekatan mixed method menggabungkan dua bentuk penelitian kualitatif dan kuantitatif. Metode yang digunakan dengan trianggulasi, teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, wawancara mendalam, dan angket, kemudian analisis data yang dilakukan menggunakan konsep Miles and Huberman yaitu reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunujukan bahwa manajemen pembelajaran AlIslam dalam implementasi Kuirkulum 2013 di SMP Muhammadiyah 2 dan 3 Yogyakafta. Pertama. manajemen pembelajaran Al-lslam di SMP Muharnmadiyah 2 dan 3 Yogyakarta sudah menjalankan sesuai tupoksinya dengan baik meliputi aspek leading, Planning, Organizing dan Controlling, terbukti dari hasil data penelitian yang disebarkan kepada responden (siswa), menunjukan SMP Muhamamdiyah 3 Yogyakarta lebih tinggi prosentasenya dalam organizing dan controlling. Kedua, Kendala yang dihadapi guru dalam pembelajaran Al-lslam dalam implementasi 2013, yaitu; alokasi waktu yang sedikit, banyaknya muatan materi pelajaran pada masing-masing Al-lslarn (Akhlak, Al-Qur'an, Fikih dan Tarikh), input siswa menengah. Solusi strategis yang dilakukan guru Al-lslam adalah menggunakan berbagai model pernbelajaran, dibuat teman sejawat dalam pembelajaran, pengajian kelas, dan penilaian yang lebih simple. Ketiga Persamaan manajemen pembelajaran dikedua sekolah meliputi; leading (mengkomunikasikan sesama MGMP), Planning (administrasi guru yang lengkap), Organizing (mengelola kelas dengan bermacam-macam model), controlling (penilaian KI 1,2,3 dan 4). Perbedaan manajemen pembelajaran Al-lslam SMP Muhammadiyah 2 dominan I(TSP, mengutamakan penialian sikap. Sedangakan SMP Muhammadiyah 3 kurikulum Ismuba disesuaikan dengan intruksi PWM, penilaian dengan memetakan KD dan KI.