PENGARUH PENGGUNAAN KULIAH E LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN KOGNITIF MAHASISWA DI PROGRAM STUDI KEPERAWATAN POLTEKKES RS dr. SOEPRAOEN
Abstract
Latar Belakang : konsep penyenggelaraan pembelajaran telah bergeser mengikuti pembelajaran yang modern. Moodle adalah sebuah sistem manajemen pembelajaran opensource dengan tujuan untuk mendukung sesi tatap muka reguler dengan menyediakan materi resolusi tinggi, kuis yang dapat dinilai sendiri, evaluasi kelas siswa, dan alat komunikasi termasuk papan pesan dan pesan. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui pengaruh penggunaan kuliah e-learning terhadap motivasi dan kognitif mahasiswa Prodi DIII Keperawatan Poltekkes dr. Soepraoen Malang.
Metode : Jenis penelitian ini kuantitatif dengan quasi experimental dengan pendekatan nonequivalent control group design. Responden penelitian ini adalah mahasiswa semester II Prodi DIII Keperawatan Poltekkes dr. Soepraoen Malang berjumlah 186 orang dengan jumlah kelompok kontrol 93 mahasiswa dan kelompok intervensi 93 mahasiswa.
Hasil : Hasil penelitian menunjukan bahwa, setelah mendapatkan intervensi, motivasi kelompok intervensi sama dibandingkan dengan kelompok kontrol. Kognitif mahasiswa antara kelompok intervensi dengan kelompok kontrol tidak berbeda dengan nilai rata-rata kelompok intervensi sebesar 77,53 ± 9,263 dan kelompok kontrol 76,69 ± 10,475. Motivasi mahasiswa pada saat postest antara kelompok intervensi dengan kelompok kontrol tidak berbeda dengan nilai rata-rata kelompok intervensi sebesar 77,53 ± 9,263 dan kelompok kontrol 76,69 ± 10,475.
Kesimpulan : Penerapan kuliah e-learning dengan kuliah konvensional tidak terdapat perbedaan yang bermakna. Dalam penerapan kuliah e-learningyang dibandingkan dengan kuliah konvensional setelah 1 kali intervensi, motivasi dan kognitif mahasiswa Prodi DIII Keperawatan Poltekkes dr. Soepraoen Malang tidak ada perbedaan yang bermakna