PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP KEMAMPUAN PERAWATAN KAKI DIABETIK PADA PENDERITA NEUROPATI DIABETIK DI RS PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
Abstract
Latar Belakang :Masalah kaki diabetik merupakan salah satu komplikasi yang bersifat kronis dan menyebabkan cacat fisik dan penurunan kualitas hidup juga menjadi beban ekonomi untuk biaya perawatan karena membutuhkan waktu yang lama. Pendidikan kesehatan tentang perawatan kaki diabetik efektif dalam mencapai pengurangan klinis yang relevan terhadap kejadian ulkus kaki diabetik. Penderita mampu mengenali tanda-tanda dini kondisi kaki yang dapat berkembang menjadi ulkus
Tujuan : Mengetahuipengaruh pendidikan kesehatan terhadap kemampuan perawatan kaki diabetik pada pasien neuropati diabetik.
Metode : Jenis peneliatian ini adalah quasi experimen, desain penelitian adalah pretest postest tanpa kelompok kontrol. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 responden.Responden dalam penelitian ini adalah penderita diabetes melitus tipe 2 yang mengalami neuropati melalui kriteria inklusi dan eksklusi. Tehnik pengambilan sampel dengan carapurposive sampling, sebelum analisa statistik dilakukan iji normalitas data dengan Kolmogorov-Smirnov dan selanjutnya dilakukan uji Wilcoxon Signed Rangks Test.
Hasil Penelitian :Hasil menunjukkan ada perbedaan yang bermakna terhadap kemampuan perawatan kaki diabetik sebelum dan setelah pemberian pendidikan kesehatan dengan nilai p = 0.00 ( < 0.05)
Kesimpulan :Pemberian pendidikan kesehatan perawatan kaki diabetik berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan perawatan kaki diabetik.