PENERAPAN METODE SELF-DIRECTED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI MAHASISWA KEPERAWATAN : A LITERATURE REVIEW
Abstract
Latar belakang: Pendidikan harus dapat memberikan bekal hard skill dan soft skill yang memadai kepada peserta didik untuk menghadapi semakin meningkatnya tantangan kehidupan di era globalisasi (termasuk MEA) baik masa sekarang maupun yang akan datang. Salah satu kompetensi soft skill yang penting dilatih adalah selfdirected learning dan merupakan salah satu indikator dari kompetensi pendidikan keperawatan yaitu pembelajaran sepanjang hayat (life-long learning).
Tujuan: Menganalisis jurnal mengenai penerapan metode self-directed learning dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa keperawatan.
Metode: Penelitian ini adalah penelitian studi literatur review yang berfokus pada hasil penulisan yang berkaitan dengan penerapan metode self directed learning pada mahasiswa keperawatan melalui penelusuran situs jurnal yang sudah terakreditasi seperti ProQoest, PubMED, ResearchGate, SagePub dan Schoolar dengan kata kunci self-directed learning, nursing education, competency, learning outcome dalam kurun waktu 2013-2018. Data yang telah diperoleh ditelaah, dibandingkan, disusun secara sistematis, dan dibahas.
Hasil: Didapatkan 3.240 jurnal diidentifikasi berdasarkan kata kunci yang kemudian disaring sehingga didapatkan 28 jurnal berdasarkan kriteria inklusi, disaring lagi kelayakannya dan didapatkan total artikel yang memenuhi syarat untuk review adalah 11 jurnal. Ditemukan adanya pengaruh penerapan metode pembelajaran self-directed learning terhadap kompetensi mahasiswa keperawatan, diantaranya adalah meningkatnya kemampuan meningkatnya kemampuan berfikir kritis, komunikasi efektif, kemampuan interpersonal, self-efficacy, tanggung jawab, motivasi, otonomomi, rasa percaya diri, nilai akademik, kemandirian serta kreatifitas.
Kesimpulan: Terdapat pengaruh self-directed learning dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa keperawatan.