View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Hospital Management
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Hospital Management
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      ANALISIS STRATEGI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PESERTA BPJS KESEHATAN DI KLINIK PRATAMA RABBANI MEDIKA BOGOR

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (32.52Kb)
      ABSTRAK (17.12Kb)
      BAB 1 (165.7Kb)
      BAB 2 (272.1Kb)
      BAB 3 (276.4Kb)
      BAB 4 (288.8Kb)
      BAB 5 (91.26Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (147.9Kb)
      Date
      2018
      Author
      BAHREISY, ALI MUSLIM
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Latar Belakang: Dengan berdirinya BPJS Kesehatan, masalah yang sering dihadapi oleh klinik kesehatan adalah klinik kesehatan yang belum mampu memberikan sesuatu hal yang benar benar diharapkan pengguna jasa. Penyebab utama tersebut karena pelayanan yang diberikan berkualitas rendah sehingga belum dapat menghasilkan pelayanan yang diharapkan oleh pasien. Dalam fasilitas kesehatan merupakan usaha yang menjual jasa, maka pelayanan yang berkualitas merupakan suatu tuntutan yang harus dipenuhi. Metode: Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kinerja dan kepentingan (importance performance analysis). Hasil analisis IPA diketahui kebanyakan responden menilai performance pelayanan BPJS Kesehatan di Klinik Pratama Rabbani Medika Bogor yang ditinjau dari aspek reliability, responsive, assurance, emphathy, dan tangible baik (ratarata perpormance 2,96). Hasil dan pembahasan: Hasil analisis IPA diketahui kebanyakan responden menilai importance pelayanan BPJS Kesehatan di Klinik Pratama Rabbani Medika Bogor yang ditinjau dari aspek reliability, responsive, assurance, emphathy, dan tangible sangat penting (rata-rata importance 3,31). Hasil analisis IPA diketahui kebanyakan responden menilai perpormance dan importance kualitas pelayanan BPJS Kesehatan di Klinik Pratama Rabbani Medika Bogor yang ditinjau dari aspek reliability, responsive, assurance, emphathy, dan tangible belum sesuai (nilai kesesuaian 89,43% atau tingkat kesesuaian < 100%). Kesimpulan dan saran: Strategi peningkatan pelayanan yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan dan Klinik Pratama Rabbani Medika Bogor dalam memberikan pelayanan (kinerja) pasien peserta, yaitu dengan mempertahankan semua variabel dalam kuadran A (Keep up the Good Work), karena semua variabel ini menjadikan produk/jasa tersebut unggul di mata pelanggan. Sedangkan variabel-variabel yang termasuk dalam kuadran B (Concentrate Here) perlu ditingkatkan, tetapi tidak perlu berlebihan.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/25220
      Collections
      • Master of Hospital Management

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV