View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Hospital Management
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Hospital Management
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      FUNGSI PERENCANAAN DAN KENDALI MANAJEMEN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PELAYANAN PERAWAT DI RUMAH SAKIT DAERAH BAGAS WARAS KABUPATEN KLATEN

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (48.08Kb)
      Abstrak (86.94Kb)
      BAB I (168.5Kb)
      BAB II (231.2Kb)
      BAB III (239.3Kb)
      BAB IV (672.5Kb)
      BAB V (96.60Kb)
      Daftar Pustaka (248.8Kb)
      Halaman Lampiran (235.2Kb)
      Date
      2018
      Author
      MUJAHIDAH, HILMA NADHIFA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Latar Belakang : Rumah sakit merupakan mata rantai dalam sistem kesehatan nasional. Fungsi manajemen terdiri dari planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), actuating, dan controlling (monitoring). Rumah sakit daerah merupakan rumah sakit yang dimiliki pemerintah daerah di Jawa Tengah dituntut memberikan pelayanan yang prima dan memuaskan maka rumah sakit ini harus melakukan pembenahan dari budaya manajerial dan pelayanan yang berimbas pada kinerja perawat sebagai lini terdepan dan petugas yang memiliki frekuensi tertinggi dalam pelayanan dan interaksi kepada pasien. Rumah sakit daerah di Jawa Tengah ini merupakan rumah sakit tipe C yang beroperasioanal kurang dari 5 tahun. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui fungsi perencanaan dan pengendalian yang dilakukan manajemen terhadap kinerja perawat di rumah sakit tersebut. Metode : jenis penelitian ini adalah studi kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitik melalui observasi dan wawancara. Responden dalam penelitian yaitu pihak manajemen, kepala ruang dan atau perawat utama. Hasil dan pembahasan : hasil penelitian menggambarkan efektifitas dan efisiensi rumah sakit belum berjalan dengan baik dilihat melalui BOR berbanding jumlah tenaga keperawatan, xvi pemberian uraian tugas dan penilaian kinerja belum maksimal baik secara rutinitas maupun instrumen penilaian kinerja, pendidikan dan pelatihan bagi perawat belum mencapai 20 jam per tahun, kegiatan supervisi belum dilakukan berkala dan terarah, dan sistem pemberian penghargaan dan teguran yang berpengaruh terhadap kinerja perawat belum berjalan. Kesimpulan : Fungsi perencanaan dan pengendalian manajemen berperan dalam peningkatan kinerja pelayanan perawat.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/25224
      Collections
      • Master of Hospital Management

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV