View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Hospital Management
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Hospital Management
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN DI RSUD KOTA YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (108.8Kb)
      ABSTRAK (150.6Kb)
      BAB 1 (103.9Kb)
      BAB 2 (228.8Kb)
      BAB 3 (292.6Kb)
      BAB 4 (449.4Kb)
      BAB 5 (95.59Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (183.5Kb)
      Date
      2018
      Author
      PUTRI, ROSARI PERMATA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Latar belakang: Sejak BPJS Kesehatan diberlakukan terdapat beberapa masalah yang dapat ditemukan, seperti peningkatan jumlah pasien yang menyebabkan peningkatan lama waktu antri pelayanan, sistem rujukan yang berjenjang, serta adanya pembagian kelas perawatan. Rumah sakit sebagai salah satu penyedia layanan kesehatan turut merasakan perubahan tersebut. Untuk itu, rumah sakit perlu meningkatkan kualitas pelayanan agar tetap berjalan efektif dan menimbulkan kepuasan pasien. Kualitas pelayanan terdiri atas 5 dimensi yaitu tangibles, responsiveness, reliability, assurance, dan empathy. Berdasarkan adanya permasalahan tersebut, maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pasien di salah satu rumah sakit rujukan BPJS kesehatan. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitan deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 181 responden. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data menggunakan uji regresi linier ganda. Hasil dan pembahasan: Kualitas pelayanan yang diteliti ada 5 variabel yaitu tangibles, responsiveness, reliability, assurance, dan empathy. Hasil uji analisis kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien BPJS rawat jalan diperoleh tangibles, responsiveness, reliability, assurance, dan empathy memiliki pengaruh terhadap kepuasan yang signifikan secara parsial dan assurance adalah variabel yang paling berpengaruh. Kesimpulan: Terdapat pengaruh tangibles, responsiveness, reliability, assurance, dan empathy secara parsial terhadap kepuasan pasien BPJS rawat jalan di RSUD Kota Yogyakarta, dan assurance merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pasien.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/25233
      Collections
      • Master of Hospital Management

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV