View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Hospital Management
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Hospital Management
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      EFEKTIVITAS PATIENT CENTERED CARE DALAM MENURUNKAN TINGKAT KECEMASAN DAN MENINGKATKAN KEPUASAN PASIEN OPERASI KATARAK

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (107.0Kb)
      ABSTRAK (101.5Kb)
      BAB 1 (186.8Kb)
      BAB 2 (481.2Kb)
      BAB 3 (337.7Kb)
      BAB 4 (304.4Kb)
      BAB 5 (93.13Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (204.7Kb)
      Date
      2018
      Author
      SJARIFUDHIN, MOCHAMMAD
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Latar Belakang: World Health Organization (WHO) menyebutkan bahwa katarak merupakan penyebab utama kebutaan (35%). Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kurangnya pemahaman pasien mengenai operasi katarak berhubungan dengan peningkatan ketidakpuasan dan kecemasan pasien. Penelitian tentang PCC pada pasien operasi katarak masih terbatas, dan belum ditemukan di Indonesia, khususnya yang menganalisis efektivitas PCC dalam menurunkan tingkat kecemasan dan meningkatkan kepuasan pasien. Metode: Penelitian ini merupakan quasi-experimental pre and post-test design, yang melibatkan 30 responden perlakuan PCC dan 30 responden kontrol. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner State Anxiety Inventory (SAI) untuk mengukur kecemasan dan modifikasi SERVQUAL untuk mengukur kepuasan pasien. Penelitian dilakukan di Klinik Mata Nganjuk pada Oktober-November 2018. Analisis data menggunakan paired t-test dan independent t-test. Hasil dan Pembahasan: Hasil pengukuran uji beda tingkat kecemasan sebelum (mean = 45,9000) dan sesudah (mean = 54,6000) PCC serta uji beda tingkat kecemasan kelompok kontrol (mean = 46,7333) dan PCC (mean = 54,6000) menunjukkan hasil sig. 2-tailed = 0,000. Sedangkan uji beda tingkat kepuasan antara kelompok kontrol (mean = 91,3667) dan PCC (mean = 94,1000) diperoleh sig. 2-tailed = 0,035. Uji beda dikatakan bermakna apabila p value < 0,05. Effect Size PCC didapatkan strong effect (2,59 dan 4,31) terhadap penurunan kecemasan dan average effect (0,56) terhadap peningkatan kepuasan. Kesimpulan: Terdapat perbedaan bermakna tingkat kecemasan maupun kepuasan pada kedua kelompok tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PCC sangat efektif dalam menurunkan tingkat kecemasan dan cukup efektif dalam meningkatkan kepuasan pasien operasi katarak.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/25252
      Collections
      • Master of Hospital Management

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV