View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Communication Science
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Communication Science
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      REPRESENTASI ETNIS PAPUA DALAM IKLAN TOKOPEDIA (ANALISIS SEMIOTIKA PADA IKLAN TOKOPEDIA VERSI “KEJAR JODOH DIMULAI DARI TOKOPEDIA”)

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (79.64Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (433.6Kb)
      HALAMAN JUDUL (116.4Kb)
      ABSTRAK (69.28Kb)
      BAB I (243.6Kb)
      BAB II (3.289Mb)
      BAB III (7.633Mb)
      BAB IV (88.73Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (94.64Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (1.588Mb)
      Date
      2018-12-03
      Author
      YUDHANTO, IMAM
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitihan ini melihat bagaimana melalui sebuah iklan etnis Papua di representasikan. Etnis Papua seringkali dianggap sebagai etnis yang tertinggal, terbelakang, dan dengan kehidupan yang masih primitif. Melalui iklan Tokopedia versi “kejar jodoh dimulai dari Tokopedia” keterbelakangan etnis Papua digambarkan melalui karakter pace Doyok yang berasal dari Papua. Iklan ini merepresentasikan bahwa etnis Paapua tertinggal dalam hal teknologi, bahasa, dan gaya berpakaian. Selain itu iklan ini juga melakukan diskriminasi rasial terhadap etnis Papua. Maka dari itu kemudian peneliti tertarik untuk melihat bagaimana etnis Papua di representasikan dalam sebuah iklan. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dengan metode analisis semiotika Roland Barthes. Semiotika adalah metode yang dipakai untuk menganalisis tanda-tanda. Dalam penelitian ini peneliti akan menggunakan metode analisis semiotika untuk menganalisis tanda-tanda yang terdapat pada iklan Tokopedia. Setelah tanda-tanda dianalisis nantinya akan diketahui bagaimana etnis Papua di konstruksikan melalui sebuah iklan. Iklan Tokopedia versi “kejar jodoh dimulai dari Tokopedia”, menggunakan latarbelakang tempat dan karakter yang berasal dari Papua. Peneliti menemukan bahwa dalam iklan ini etnis Papua masih dilekatkan dengan keterbelakangan dan diskriminasi rasial. Namun, iklan ini juga merepresentasikan etnis Papua sebagai etnis yang pekerja keras, bersolidaritas tinggi, dan gemar berbisnis
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/25310
      Collections
      • Department of Communication Science

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV