View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Communication Science
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Communication Science
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      WACANA PATRIARKI DALAM LIRIK LAGU KARYA AHMAD DHANI (ANALISIS WACANA KRITIS NORMAN FAIRCLOUGH PADA LIRIK LAGU DUA SEJOLI, SELIR HATI, DAN WONDER WOMAN)

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (44.74Kb)
      HALAMAN JUDUL (289.6Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (208.0Kb)
      ABSTRAK (320.6Kb)
      BAB I (565.2Kb)
      BAB II (418.7Kb)
      BAB III (365.7Kb)
      BAB IV (174.0Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (184.0Kb)
      Date
      2016
      Author
      RASYIDA, ANNISA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Patriarki terjadi ketika adanya sistem ketimpangan gender dimana laki-laki lebih dominan daripada perempuan. Ketidaksetaraan gender ini masih sering terjadi hampir di semua aspek kehidupan, salah satunya yang masih eksis sampai sekarang adalah dalam industri hiburan seperti musik. Salah satu komponen dalam musik yang bisa menjadi akses masuknya budaya patriarki adalah lirik lagu. Melalui bahasa pada lirik lagu, sebuah wacana dapat diekspresikan sesuai apa yang dirasakan dan dipikrikan oleh sang pencipta lagu. Penelitian merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis wacana kritis model Norman Fairclough untuk menganalisis wacana patriarki yang terdapat dalam lirik lagu karya Ahmad Dhani yang berjudul Dua Sejoli, Selir Hati, dan Wonder Woman. Fairclough membagi analisis wacana dalam pendekatan 3 dimensi yaitu : teks, discourse practice, dan sociocultural practice. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa ketiga lagu karya Ahmad Dhani mengandung wacana patriarki yang sengaja dibentuk. Dalam dimensi teks, wacana patriarki secara tersurat direpresentasikan ke dalam teks lagu melalui berbagai pemilihan kosakata. Sedangkan dalam dimensi discourse practice ditemukan bahwa pada proses produksi dan konsumsi teks, unsur-unsur patriarki juga mempengaruhi terbentuknya sebuah lirik lagu. Terakhir, sociocultural practice mengungkapkan bahwa dalam aspek sosial dan budaya patriarki sangat mendominasi.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/2547
      Collections
      • Department of Communication Science

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV