dc.contributor.advisor | FIRMAWATI, ERFIN | |
dc.contributor.author | PERMANA, RATRI IMAS | |
dc.date.accessioned | 2016-09-22T07:25:12Z | |
dc.date.available | 2016-09-22T07:25:12Z | |
dc.date.issued | 2016-08-22 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/2568 | |
dc.description | Latar Belakang: Hipertensi merupakan salah satu penyebab terjadinya stroke. Salah satu upaya dalam mencegah stroke adalah dengan meningkatkan tingkat pengetahuan melalui pendidikan kesehatan. Pendidikan kesehatan merupakan suatu intervensi keperawatan mandiri untuk membantu klien dalam mengatasi masalah kesehatannya melalui kegiatan pembelajaran sehingga dapat menimbulkan perilaku yang positif kepada masyarakat.
Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan pencegahan stroke.
Metode: Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode quasy eksperimen dengan rancangan penelitian pre-test-post-test with control group design. Jumlah sampel yaitu 64, dibagi menjadi 32 untuk kelompok kontrol dan 32 untuk kelompok intervensi. Uji validitas menggunakan pearson product moment dan uji reliabilitas menggunakan KR-20. Data diuji dengan Wilcoxon sign rank test dan mann-whitney u test.
Hasil: Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemberian pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan pada kelompok intervensi dengan nilai yang signifikan yaitu p=0,000 (p<0,05).
Kesimpulan: Ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan tentang pencegahan stroke pada penderita hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Gamping 1 Sleman. | en_US |
dc.description.abstract | Background: Hypertension is one cause of stroke. One effort in stroke prevention is to increase the level of knowledge through health education . Health education is an independent nursing interventions to assist clients in addressing their health problems through learning activities that may cause a positive attitude to the public.
Purpose: The purpose of this study is to determine the impact of health education to knowledge about stroke prevention.
Methose: This research is quantitative with quasy-experiment method. This research design is pre-test-post-test with control group design. The total sample were 64, 32 for the control group and 32 for the intervention group. The validity test in this study using pearson product moment and reliability test using the KR-20. Data were tested by wilcoxon sign rank test and mann-whitney u test.
Result: The result of this study indicate that there are significant provision of health education on knowledge in the intervention group with significant value p=0,000 (p<0,05).
Conclusion: There are the impact of health education to knowledge about stroke prevention on patients with hypertension in region primary health care I Gamping Sleman. | en_US |
dc.publisher | FKIK UMY | en_US |
dc.subject | health education, hypertension, knowledge, and stroke prevention hipertensi, pencegahan stroke. pendidikan kesehatan, pengetahuan | en_US |
dc.title | PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG PENCEGAHAN STROKE PADA PENDERITA HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS GAMPING 1 SLEMAN | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
277 | en_US |