View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Vocational Final Project
      • Teknik Mesin Otomotif dan Manufaktur
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Vocational Final Project
      • Teknik Mesin Otomotif dan Manufaktur
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENGEMBANGAN DAN ANALISIS KOPLING PENGGERAK MEKANIS MENJADI KOPLING PENGGERAK HIDROLIS PADA MOBIL FIAT 124 SPESIAL

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (57.18Kb)
      HALAMAN JUDUL (603.3Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (510.5Kb)
      ABSTRAK (12.04Kb)
      BAB I (149.9Kb)
      BAB II (598.3Kb)
      BAB III (1.136Mb)
      BAB IV (715.1Kb)
      BAB V (145Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (139.8Kb)
      LAMPIRAN (936.3Kb)
      Date
      2019-02
      Author
      RIDIANTO, LATIF
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Sistem kopling merupakan salah satu sistem pemindah daya (power train) yang terdapat pada kendaraan, fungsinya yaitu untuk memutus dan menghubungkan tenaga yang dihasilkan mesin ke transmisi. Pada sistem kopling mekanis terdapat komponen penggerak yang masih bekerja secara mekanis dimana masih terdapat kerugian seperti halnya kabel berkarat, sehingga dibutuhkan tenaga yang lebih besar untuk dapat menekan pedal kopling. Kerugian seperti inilah salah satu alasan mengapa harus digunakan kopling hidrolis. Penulis memodifikasi sistem kopling menggunakan penggerak hidrolis untuk meminimalisasi kerugian yang terdapat pada kopling mekanis, hasil perancangan ini diharapkan dapat bekerja dengan baik untuk proses pengujian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa saat menggunakan kopling mekanis gaya yang dibutuhkan untuk menekan pedal kopling secara penuh adalah sebesar 8,07 kg, dan setelah dilakukan modifikasi turun menjadi 5,17 kg, maka beban yang berkurang sebesar 2,9 kg, artinya kopling hidrolis mampu mereduksi beban injakan pedal sebesar 35,93 %.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/25817
      Collections
      • Teknik Mesin Otomotif dan Manufaktur

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV