View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Islamic Communication and Counseling
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Islamic Communication and Counseling
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENERAPAN METODE IQRO’ DALAM PENINGKATAN PEMAHAMAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TPA AL-MA’ARIJ MANCASAN AMBARKETAWANG SLEMAN YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (192.1Kb)
      HALAMAN JUDUL (654.6Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (169.2Kb)
      ABSTRAK (243.7Kb)
      BAB I (276.1Kb)
      BAB II (466.2Kb)
      BAB III (218.5Kb)
      BAB IV (298.3Kb)
      BAB V (264.7Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (217.8Kb)
      LAMPIRAN (367.2Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (576.4Kb)
      Date
      2019
      Author
      SUDISTIAN, FURTA ADITYA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui penerapan metode Iqro’ dalam peningkatan pemahaman membaca Al-Qur’an di TPA Al-Ma’arij Mancasan Ambarketawang Sleman Yogyakarta. 2) Faktor apa aja yang menjadi pendukung dan penghambat kegiatan metode Iqro’ di TPA Al-Ma’arij Mancasan Ambarketawang Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu sebagai berikut: 1) Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research), 2) Subyek penelitian ini yaitu ustadz dan ustadzah serta seluruh anak didik TPA Al- Ma’arij Mancasan, 3) Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, 4) Sedangkaan untuk analisisnya penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analitik. Adapun hasil penelitian ini adalah, 1) Metode Iqro’ yang diterapkan yaitu Tariqat Asshautiyah (penguasaan atau pengenalan bunyi), Tariqat Attadrij (pengenalan dari yang mudah pada yang sulit), Tariqat Biriyadhotil Atfal (pengenalan melalui latihan-latihan dimana lebih menekankan pada anak didik untuk aktif), Attawassuk Fi Maqosid la Fil Alat (pengajaran yang berorientasi pada tujuan bukan pada alat yang dipergunakan untuk mencapai tujuan itu, yakni anak bisa membaca Al-qur’an dengan baik dan benar sesuai kaidah tajwid. Dan yang terakhir adalah Tariqat Bimuraat Al-Isti’dadi Wattatbik (pengajaran yang harus memperhatikan kesiapan, kematangan, potensi-potensi dan watak anak didik). 2) faktor pendukung besarnya dukungan dari takmir dan juga tokoh masyarakat setempat. 3) Faktor penghambat fasilitas yang belum memadai, para guru yang masih sibuk diluar, dan kurangnya disiplin dari guru dan murid.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/26135
      Collections
      • Department of Islamic Communication and Counseling

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV