PENENTU PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING: PERBANDINGAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR INDONESIA DAN MALAYSIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris faktor-faktor penentu pengungkapan Islamic Social Reporting pada perusahaan maufaktur yang terdafatr dala Daftar efek syariah. Pengujian variabel ukuran dewan komisaris, ukuran perusahaan, profitabilitas dan likuiditas sebagai faktor penentu yang diprediksi mampu mempengaruhi pengungkapan ISR yang masih bersifat sukarela. Penelitian ini membandingkan faktor penentu pengunkapan ISR pada perusahaan manufaktur Indonesia dan Malaysia periode 2015-2017 karena adanya kesamaan mayoritas populasi muslim di dua negara tersebut. Tingkat pengungkapan ISR diukur menggunakan Islamic Social Reporting Index yang menggunakan 43 item pengungkapan yang dibagi kedalam enam tema. Total 105 sampel pelaporan akan dianalisis kesesuaianya dengan 43 item pengungkapan jika mereka mengungkapkan akan diberi inlai 1 namun jika tidak 0. Analisis regresi akan digunakan untuk melihat hubungan antara faktor-faktor penentu dengan pengungkapan ISR. Penelitian ini diharapkan variabel ukuran dewan komisaris, ukuran dewan direksi, profitabilitas dan likuiditas berpengaruh terhadap tingkat pengungkapan ISR pada perusahaann manufaktir sayriah.