Show simple item record

dc.contributor.authorAziz, Zuhdan
dc.date.accessioned2019-05-31T07:21:39Z
dc.date.available2019-05-31T07:21:39Z
dc.date.issued2019-01-27
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/27281
dc.descriptionKreativitas dalam dunia animasi, semakin lama semakin bervareasi dan menggairahkan. Ibarat sirkus, animator senantiasa berakrobat untuk selalu menarik perhatian penontonnya. Resep untuk menarik perhatian itu semakin lama terus berkembang, dengan berbagai inovasi atau menggabungkan banyak hal (fluxus) menjadi suatu terobosan yang mampu menyedot perhatian orang. Efek takjub kemudian dimasukkan, dan pada akhirnya penonton merasa terkesima dan terhanyut didalam narasinya lalu sangat intens perhatiannya.en_US
dc.description.abstractAnimasi selama ini hanya dipandang sebagai media yang mewah, mahal dan sophisticated dalam proses produksinya sehingga perkembangan terbatas pada film layar lebar maupun tayangan televisi serta karya seni audiovisual. Namun, seiring perkembangan teknologi informasi digital dan komputer yang semakin canggih semakin mengantarkan animasi sebagai obyek penting yang mampu mengukuhkan dirinya menjadi media yang menakjubkan. Kecanggihan animasi komputer, baik secara hardware maupun software, mampu menerjemahkan imajinasi dan kreatifitas. Animasi menjadi semakin mudah, murah dan menarik sehingga mampu hadir dan digunakan oleh masyarakat luas dalam berbagai bidang. Banyak terjadi hibridisasi antara animasi dengan banyak bidang seperti arsitektur, seni, entertainment, media pembelajaran bahkan media komunikasi. Penelitian inipun bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk vareasi fluxus antara animasi dengan komunikasi. Dengan metode deskriptif kualitatif, dapat digali perkembangan penggunaan dari hasil hibridisasi animasi dalam bidang komunikasi di era media baru digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa animasi telah menjelma menjadi media yang menarik, yang mampu menemukan jatidirinya dalam jagad media elektronik digital modern. Animasi dapat digunakan sebagaimana fungsi komunikasi, sebagai media informasi, hiburan, persuasi dan pendidikan dalam berbagai bentuknya. Animasi bisa berbentuk film, simulasi, content youtube, video clip, media pembelajaran, media presentasi, multi media, fitur pelengkap smartphone/gadget atau media social, games online, karya seni audio visual dan lain sebagainya. Kesimpulannya bahwa eksistensi animasi sebagai wadah atau media komunikasi telah menarik berbagai bidang untuk berinteraksi dan berproses dengannya sehingga terjadi berbagai vareasi fluksus (percampuran atau penggabungan) karya dan fungsi serta kepentingan dari berbagai bidang termasuk komunikasi. Saran yang ditawarkan adalah menjadikan animasi sebagai wadah besar yang mampu menampung banyak hal di dalamnya. Sebagai wadah atau media, animasi bersifat netral, tergantung siapa (komunikator) yang mau menyampaikan pesan, memaknai, memanfaatkan dan mengarahkannya sesuai tujuan komunikasi yang ditetapkan sehingga bisa sangat efektif. Kata kunci : fluxus, animasi dan komunikasi, media baru digitalen_US
dc.description.sponsorshipProdi IK UMYen_US
dc.publisherJurnal Channel UADen_US
dc.subjectFluksus, animasi, komunikasi, digitalen_US
dc.titleFLUXUS ANIMASI DAN KOMUNIKASI DI ERA MEDIA BARU DIGITALen_US
dc.title.alternativeFLUXUS ANIMASI DAN KOMUNIKASI DI ERA MEDIA BARU DIGITALen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record