View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Medicine and Health Science
      • Department of Medical Education
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Medicine and Health Science
      • Department of Medical Education
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      EFEKTIFITAS PELATIHAN MODUL MANAJEMEN STRES TERHADAP TINGKAT STRES PADA REMAJA AWAL

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (232.5Kb)
      HALAMAN JUDUL (232.4Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (209.9Kb)
      ABSTRAK (88.15Kb)
      BAB I (282.1Kb)
      BAB II (237.1Kb)
      BAB III (339.2Kb)
      BAB IV (223.2Kb)
      BAB V (83.87Kb)
      LAMPIRAN (1.184Mb)
      DAFTAR PUSTAKA (208.3Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (422.6Kb)
      Date
      2017
      Author
      WIDYASTUTI, DESTY
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Latar belakang : Stres adalah proses dimana keadaan lingkungan telah melebihi kemampuan adaptasi seseorang, dan juga berefek pada perubahan psikologis serta biologis seseorang yang dapat meningkatkan resiko penyakit. Dampak stres dapat muncul berupa keluhan fisik, kecemasan, depresi dan masalah kesehatan lainnya. Remaja harus dibekali dengan kemampuan manajemen stres sebagai pencegahan stres itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis efektifitas pelatihan modul manajemen stres terhadap tingkat stres pada remaja awal. Metode : Quasi-eksperimental studies dengan pendekatan pretest dan post test pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol yang dilakukan pada 18 anak pada masing-masing kelompok di SMP N 4 Yogyakarta. Setelah dilakukannya pretest pada kedua kelompok, dilakukan pelatihan manajemen stres kelompok intervensi. Setelah pelatihan selesai, dilakukan post test di kedua kelompok untuk mengukur perubahannya tingkat stres. Diagnosis tingkat stres menggunakan kuesioner DASS 42. Modul manajemen stres yang digunakan pada penelitian ini adalah modul CERDAS (Cendekiawan Muda Bersama Wujudkan Indonesia Sehat). Hasil : Analisis data menggunakan t-tes berpasangan, dimana didapatkan hasil 0,004 (p = <0,05) untuk kelompok intervensi dan 0,958 (p = >0,05) yang memiliki arti bahwa pelatihan manajemen stres terbukti efektif pada kelompok intervensi yang mendapatkan pelatihan daripada kelompok kontrol yang tidak mendapat pelatihan. Kesimpulan : Pelatihan manajemen stres terbukti efektif dalam menurunkan stres pada remaja awal.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/27524
      Collections
      • Department of Medical Education

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV