View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Medicine and Health Science
      • Department of Medical Education
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Medicine and Health Science
      • Department of Medical Education
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENGARUH SDL (Self Directed Learning) TERHADAP KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK PADA NILAI OSCE MAHASISWA PROGRAM STUDI KEDOKTERAN UMY

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (59.18Kb)
      HALAMAN JUDUL (132.7Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (139.6Kb)
      ABSTRAK (87.41Kb)
      BAB I (102.5Kb)
      BAB II (142.4Kb)
      BAB III (79.47Kb)
      BAB IV (105.8Kb)
      BAB V (26.54Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (42.22Kb)
      LAMPIRAN (370.8Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (3.552Mb)
      Date
      2019
      Author
      ANNISA PUTRI, DEVI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Latar belakang : Model self directed learning menyadarkan dan memberdayakan mahasiswa sebagai pembelajar usia dewasa, yaitu belajar adalah tanggung jawab mereka sendiri sehingga proses belajar yang dilakukan juga optimal yang berimbas pada peningkatan hasil belajar pada ranah afektif, kognitif dan psikomotorik. Pada ranah psikomotorik kita dapat meningkatkannya dengan adanya skill lab dan dapat dilihat hasilnya pada saat diadakannya objective-structured clinical examination (OSCE) pada saat akhir semester. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh self directed learning terhadap kemampuan psikomotorik mahasiswa program studi kedokteran UMY Metode penelitian : Jenis penelitian pada penelitian ini adalah non eksperimental dengan desain penelitian obsevasional analitik menggunakan pendekatan cross sectional, dengan tehnik pengambilan sampel secara strafied random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 229 mahasiswa. Instrumen yang digunakan adalah Self-Rating Scale for Self-Directedness in Learning (SRSSDL) oleh Fisher Instrumen. Uji analisis menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian : Dari hasil penelitian didapatkan (p = 0,72) untuk angkatan 2014, (p = 0,85) untuk angkatan 2015 dan (p = 0,35) pada nagkatan 2016, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh self directed learning terhadap kemampuan psikomotorik pada nilai OSCE mahasiswa program studi kedokteran UMY. Kesimpulan : Tidak terdapat pengaruh SDL (self directed learning) terhadap kemampuan psikomotorik pada nilai OSCE mahasiswa program studi kedokteran UMY.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/27772
      Collections
      • Department of Medical Education

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV