View Item 
      •   UMY Repository
      • 01. BOOKS
      • Proceedings
      • SEMINAR NASIONAL 2019 : Peran dan Strategi Sektor Pertanian Memasuki Era Industri 4.0
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 01. BOOKS
      • Proceedings
      • SEMINAR NASIONAL 2019 : Peran dan Strategi Sektor Pertanian Memasuki Era Industri 4.0
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PEMASARAN IKAN NILA DI KECAMATAN NGEMPLAK, KABUPATEN SLEMAN

      Thumbnail
      View/Open
      PROCEEDING (4.623Mb)
      Date
      2019-03-09
      Author
      SUPRAYOGIE, SUPRAYOGIE
      KAMARDIANI, DIAH RINA
      SRIYADI, SRIYADI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Ikan nila merupakan komoditas unggulan di Kabupaten Sleman. Hal tersebut ditunjukan dengan Kecamatan Ngemplak sebagai produksi ikan nila tertinggi di Kabupaten Sleman. Produksi tinggi tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya DIY dan sebagai tambahan asupakan gizi bagi masyarakat. Adapun tujuan penelitian ini untuk (1) mengetahui saluran pemasaran ikan nila di Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, (2) biaya pemasaran, keuntungan pemasaran, margin pemasaram, dan farmer’s share di Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, (3) efisiensi pemasaran di Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman. Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Responden petani diambil secara sensus sebanyak 49 orang dan responden lembaga pemasaran menggunakan snowball sampling sebanyak 12 orang. Pengambilan data yang dilakukan dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat empat saluran pemasaran yaitu (1) Produsen – konsumen, (2) produsen – pedagang pengepul – pedagang besar - pedagang pengecer – konsumen. (3) produsen – pedagang besar – pedagang pengecer – konsumen. (4) produsen – pedagang besar – konsumen. Adapun biaya pemasaran yang dikeluarkan pada saluran II sebesar Rp 1.801,64/kg, margin pemasaran Rp 8.000/kg, dan Keuntungan pemasaran Rp 6.198,36/kg. Biaya pemasaran pada saluran III sebesar Rp 1.518,37/kg, margin pemasaran Rp 7.000/kg, dan keuntungan pemasaran Rp 5.481.03/kg. sedangkan biaya pemaaran pada saluran IV sebesar Rp 828,20/kg, margin pemasaran Rp 6.000/kg, dan keuntungan pemasaran Rp 5.171,80/kg. Farmer’s share pada saluran I sebesar 100%, saluran II 75%, saluran III 78%, dan saluran IV 80%. Kemudian, IET pada saluran IV 20,24 paling efisien, saluran III 21,38, dan saluran II 52,99. Sedangkan IEE pada saluran II 3,44 paling efisien, saluran III 3,61 dan saluran IV 6,2.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/27872
      Collections
      • SEMINAR NASIONAL 2019 : Peran dan Strategi Sektor Pertanian Memasuki Era Industri 4.0

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV