View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN PROFETIK PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PONDOK PESANTREN MODERN SMA MBS YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (145.4Kb)
      HALAMAN JUDUL (635.2Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (118.3Kb)
      ABSTRAK (85.06Kb)
      BAB I (301.0Kb)
      BAB II (282.3Kb)
      BAB III (206.5Kb)
      BAB IV (267.5Kb)
      BAB V (163.2Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (385.0Kb)
      LAMPIRAN (1.808Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (260.0Kb)
      Date
      2019
      Author
      AHSAN, MUH AKMAL
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui konsep pendidikan profetik di Pondok Pesantren SMA Modern Muhammadiyah Boarding School (MBS) Yogyakarta, 2) Mengetahui implementasi nilai-nilai profetik di Pondok Pesantren SMA Muhammadiyah Boarding School (MBS) Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian 3 siswa SMA dan 2 guru SMA MBS serta bagian kurikulum. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dengan mengumpulkan data berdasarkan fakta-fakta yang ada ataupun dengan pengamatan yang telah dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) Belum ada konsep tekstual yang membahas mengenai pendidikan profetik di pondok pesantren MBS Yogyakarta. Sementara itu, kurikulum yang dipakai oleh pondok pesantren MBS Yogayakarta sudah sesuai dengan konsep dan nilai profetik. 2) Muatan nilai profetik yang paling menonjol dalam proses internalisasi, implementasi dan hasil ialah nilai transendensi. Implementasi nilai profetik dilakukan dengan mengadakan program sekolah yang sesuai dengan kurikulum. 3) Metode yang dipakai dalam proses internalisasi pendidikan profetik ialah dengan pembiasaan dan keteladanan.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/28019
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV