View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      KONSEP PEDIDIKAN AKHLAK MENURUT AL-MAWARDI DAN IBNU TAIMIYAH

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (61.90Kb)
      HALAMAN JUDUL (984.6Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (663.1Kb)
      ABSTRAK (370.5Kb)
      BAB I (385.6Kb)
      BAB II (513.7Kb)
      BAB III (251.3Kb)
      BAB IV (684.6Kb)
      BAB V (183.4Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (384.4Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (984.4Kb)
      Date
      2019
      Author
      WAHYUDI, MUHAMMAD FAJRUL FALAKH
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Semakin maju perkembangan zaman, kadang seorang murid lupa akan adabnya sebagai pencari ilmu. Padahal adab merupakan komponen terpenting dalam dunia pendidikan. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep adab dan strategi pencapaian seorang murid dalam belajar, khususnya adalah belajar ilmu syar’i. Pembahasan tentang ini ada dalam kitab Hilyah Thalib al-‘Ilmi karya Bakr bin Abdullah Abu Zaid. Penejelasan dimaksudkan untuk menemukan konsep adab dan strategi pencapaian menurut Bakr bin Abdullah yang nantinya akan dapat mempermudah murid dalam mendapatkan ilmu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research) dan mengunkan studi konsep. Dalam analisisnya, peneliti mengunakan analisis isi (content analysis) yang dilakukan dengan cara menganalisis data atau makna yang terkandung dalam gagasan Bakr bin Abdullah tentang konsep adab dan strategi pencapaiannya dalam kitab Hilyah Thalib al-‘Ilmi. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep adab seorang murid menurut Bakr bin Abdullah yaitu: 1) adab seorang murid terhadap diri sendiri, yang terdiri dari 15 konsep. 2) adab seorang murid dalam mencari ilmu dan tata cara mendapatkan ilmu, yang terdiri dari dua konsep. 3) adab seorang murid terhadap seorang guru, yang terdiri dari enam konsep. 4) adab berteman seorang murid, yang terdiri dari satu konsep. 5) adab seorang murid dalam kehidupan ilmiah, yang terdiri dari 20 konsep. Strategi pencapaian konsep adab seorang murid dalam kitab Hilyah Thalib al-‘Ilmi dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan berhias denngan amal positif, yang terdiri dari 9 konsep dan menjauhi penyakit atau perbuatan negatif, yang terdiri dari 13 konsep.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/28213
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV