View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS PONDOK PESANTREN DI SMA MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL 1 PUTRA YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (193.8Kb)
      HALAMAN JUDUL (1.119Mb)
      HALAMAN PENGESAHAN (354.5Kb)
      ABSTRAK (282.7Kb)
      BAB I (306.5Kb)
      BAB II (465.8Kb)
      BAB III (202.0Kb)
      BAB IV (969.3Kb)
      BAB V (194.0Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (186.8Kb)
      LAMPIRAN (2.339Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (1.062Mb)
      Date
      2019
      Author
      DZULFAHMI, ALAUDDIN
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan program pendidikan karakter di SMA MBS 1 Putra Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan mixed methode dengan jenis evaluative expost facto. Model evaluasi yang digunakan adalah CIPP. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Teknik analisis data kualitatif menggunakan model Miles dan Huberman dengan empat tahapan, yaitu reduksi, penyajian, kesimpulan, dan verifikasi data. Analisis data kuantitatif dengan statistik deskriftif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi program pendidikan karakter di SMA MBS 1 Putra Yogyakarta sebagai berikut: 1. Evaluasi konteks bernilai baik yang meliputi aspek sejarah, penentuan rumusan, pematangan ide, dokumentasi, dan sosialisasi program. 2. Evaluasi input bernilai cukup baik yang meliputi aspek ujian masuk siswa, kriteria ujian masuk siswa, alur seleksi guru, kriteria seleksi guru, dan sarana/prasarana. 3. Evaluasi proses bernilai baik dengan meliputi aspek materi, proses pelaksanaan, metode, media, dan sistem penilaian. 4. Evaluasi produk memiliki capaian 76% untuk tujuan kejujuran, 73% untuk tujuan ibadah, 73% untuk tujuan sosial, 70% untuk tujuan kedisiplinan, dan 64% untuk tujuan semangat menuntut ilmu. Sehingga dengan hasil yang telah ada maka evaluasi program pendidikan di SMA MBS 1 Putra Yogyakarta ini dapat dikatakan baik dan program pendidikan karakter tersebut dapat dilanjutkan. Namun masih ada beberapa masukan yang direkomendasikan yaitu terkait dengan pelatihan bagi calon guru atau guru baru, metode dan media yang digunakan, sistem penilaian dan perlu adanya peningkatan dalam tujuan yang ingin dicapai terkhusus aspek tujuan semangat menuntut ilmu.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/28574
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV