View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      RELEVANSI KONSEP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MENURUT IBNU QAYYIM AL-JAUZIYAH TERHADAP POLA ASUH ANAK DI ERA DIGITAL

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (95.07Kb)
      HALAMAN JUDUL (410.7Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (193.8Kb)
      ABSTRAK (82.68Kb)
      BAB I (337.7Kb)
      BAB II (406.8Kb)
      BAB III (205.7Kb)
      BAB IV (582.5Kb)
      BAB V (90.04Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (224.0Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (508.8Kb)
      Date
      2019-07-09
      Author
      ZAHRAH, UMMI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi konsep pendidikan anak usia dini menurut Ibnu Qayyim al-Jauziyah dan untuk mengetahui relevansi konsep tersebut terhadap pola asuh anak di era digital. Jenis penelitian ini adalah penelitian library research (penelitian pustaka) dengan pendekatan kualitatif. Dalam analisisnya, peneliti menggunakan content alaysis (analisis isi) dengan cara menganalisis data atau makna yang terkandung dalam gagasan Ibnu Qayyim al-Jauziyah tentang konsep pendidikan anak usia dini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan anak usia dini menurut Ibnu Qayyim al-Jauziyah adalah sebuah pendidikan yang diberikan kepada setiap anak usia 0-6 tahun yang bertujuan menanamkan nilai-nilai keimanan, membina akhlak, memelihara jasmani, membina akal, menjaga kestabilan emosi, serta menanamkan sikap sosial kepada anak dengan menggunakan metode pembiasaan, memberi bimbingan, arahan, menjadi suri tauladan yang baik, metode takhliyah (menjauhkan anak dari akhlak yang tercela), serta metode tahalliyah (menghiasi diri anak dengan akhlak yang terpuji). Adapun relevansi konsep pendidikan anak usia dini menurut Ibnu Qayyim al- Jauziyah terhadap pola asuh anak di era digital bahwa setiap orang tua harus senantiasa memberi bimbingan, arahan, membiasakan anak melakukan perbuatan yang baik, karena setiap anak akan tumbuh dan berkembang sesuai dengan apa yang menjadi kebiasaanya di waktu kecil (yang telah ditanamkan oleh pendidiknya), menjadi qudwah hasanah (suri tauladan yang baik) bagi anak, menjauhkan anak dari akhlak tercela dan menghiasinya dengan akhlak terpuji, serta menjadi suri tauladan yang baik terhadap anak. Selain itu setiap orang tua juga wajib menjauhkan anak-anaknya dari segala macam hal-hal yang tidak berguna atau sia-sia, baik berupa nyanyian-nyanyian, permainan-permainan, serta berbagai macam bentuk pikiran, ucapan yang buruk, karena jika kesemua hal tersebut telah melekat dalam memori anak, maka akan sangat sulit dirubah atau dihilangkan sekalipun anak telah dewasa.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/29319
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV