View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Economics
      • Department of Economics Science
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Economics
      • Department of Economics Science
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      ANALISIS STRATEGI BERSAING PEMBIAYAAN MURABAHAH DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF (STUDI KASUS BAITUL MAAL WA TAMWIL BINA IHSANUL FIKRI YOGYAKARTA)

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (101.0Kb)
      HALAMAN JUDUL (1.147Mb)
      HALAMAN PENGESAHAN (247.0Kb)
      ABSTRAK (185.1Kb)
      BAB I (372.5Kb)
      BAB II (464.2Kb)
      BAB III (114.8Kb)
      BAB IV (668.2Kb)
      BAB V (182.9Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (219.0Kb)
      LAMPIRAN (1.723Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (674.2Kb)
      Date
      2019-03-13
      Author
      MASLIKHAH, LULU’ DINA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bersaing pembiayaan murabahah dalam meningkatkan keunggulan kompetitif usaha mikro BMT Bina Ihsanul Fikri Yogyakarta. Penelitian ini jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik pembiayaan murabahah di BMT Bina Ihsanul Fikri Yogyakarta secara garis besar dari pemohon mengajukan syarat – syarat yang telah ditentukan ke bagian pembiayaan guna di tindaklanjuti oleh surveyor sampai dengan serah terima barang dan kemudian akad. BMT Bina Ihsanul FIkri Yogyakarta meggunakan strategi dalam meningkatkan competitive advantage dengan membuat variasi produk simpanan dan pembiayaan, sosialisasi kepada masyarakat, membuka jaringan kantor, merekrut Sumber Daya Insani (SDI) yang kompeten dan melakukan efisiensi dan efektivitas di segala bidang. Skor total terbobot pada tabel IFAS, EFAS, dan SFAS menunjukkan angka 3,40 , 3,70 , dan 4,30 yang berarti menunjukkan bahwa manajemen sudah cukup baik (rata-rata) menanggapi faktor-faktor strategi baik internal maupun eksternal yang ada dalam hal tingkat pentingnya faktor tersebut bagi BMT BIF Yogyakarta.Strategi dalam meningkatkan competitive advantage dengan mempertimbangkan faktor internal dan eksternal maka didapatkan strategi SO yaitu 1) Mengembangkan produk, 2) Menerapkan sistem jemput bola. Strategi ST yaitu 1) Mempertahankan kualitas, 2) Meningkatkan pelayanan. Strategi WO yaitu 1) Perluasan jaringan, 2) Memberikan Pelatihan/Seminar untuk meningkatkan kompetensi pegawai. Strategi WT yaitu 1) Meningkatkan pemahaman dan memberikan edukasi kepada masyarakat, 2) Mengutamakan penguasaan wilayah di sekitar BMT agar mampu bersaing dengan kompetitor.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/29322
      Collections
      • Department of Economics Science

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV