View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      EVALUASI PROGRAM TAḤFĪẒ AL-QUR’ĀN DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH BERAN KEPIL WONOSOBO

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (124.0Kb)
      HALAMAN JUDUL (696.7Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (243.8Kb)
      ABSTRAK (255.5Kb)
      BAB I (376.9Kb)
      BAB II (602.2Kb)
      BAB III (288.3Kb)
      BAB IV (929.5Kb)
      BAB V (266.8Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (293.0Kb)
      LAMPIRAN (1.832Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (1.175Mb)
      Date
      2019-07-15
      Author
      ZULAIKHA, ZULAIKHA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji program taḥfīẓ al-qur’ān di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Beran, Kepil, Wonosobo. Mengetahui pelaksanaan program pembelajaran taḥfīẓ al-qur’ān. Menganalisis pencapaian hasil program taḥfīẓ al-qur’ān. Penelitian ini adalah penelitian evaluatif dengan menggunakan pendekatan mix method, yaitu menggabungkan metode penelitian kualitatif dan kuantitaif. Desain evaluasi menggunakan teori Stufflebeam dengan alur penelitian context, input, process dan product. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data kualitatif dianalisis dengan menggnakan tahapan reduksi, display, dan verifikasi data, sedangkan data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan one sampel t test. Penelitian ini mendapatkan kesimpulan sebagai berikut: (1) Evaluasi context menunjukkan bahwa, dukungan dari sekolah sudah cukup baik, namun pada aspek kompetensi siswa dan sistem setoran perlu diperhatikan lagi.(2) Evaluasi Input menunjukkan bahwa kemampuan awal siswa belum diketahui. Tidak ada peraturan yang mendukung untuk menunjang penyelesain target hafalan, sarana dan peralatan sudah mencukupi, namun untuk guru pengajarnya belum ada guru khusus yang mengampu program taḥfīẓ al-qur’ān. (3) Evaluasi process menunjukkan bahwa, program taḥfīẓ al-qur’ān sudah berjalan sesuai rencana. Namun dalam beberapa hal masih ada yang belum sesuai dengan yang direncanakan. Metode dan media yang digunakan sudah tepat sesuai dengan kemampuan awal siswa, yaitu metode talqīn, metode setoran, metode muraja’ah.. (4) Evaluasi product menunjukkan bahwa setelah dilakukan uji one sampel t test maka hasil keputusannya adalah menerima H0, artinya nilai ujian taḥfīẓ al-qur’ān siswa MI Muhammadiyah Beran rata-rata di atas 75. Prosentase siswa yang lulus dalam ujian taḥfīẓ al-qur’ān di MI Muhammadiyah Beran tahun ajaran 2018/2019 mencapai 72,7%. Pencapaian ini sudah baik namun masih perlu ditingkatkan.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/29330
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV